2 Bocah Pasien Covid-19 Sembuh di Padang, Total Pasien Sembuh di Sumbar Jadi 493


Jumat, 19 Juni 2020 - 20:33:58 WIB
2 Bocah Pasien Covid-19 Sembuh di Padang,  Total Pasien Sembuh di Sumbar Jadi 493 Jasman Rizal

HARIANHALUAN.COM - Dua bocah usia tujuh dan enam tahun sembuh dari virus Corona atau Covid-19 di Padang, Sumatra Barat (Sumbar) pada Jumat (19/6/2020). Keduanya terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi.

"Ada dua anak yang dinyatakan sembuh dari virus Corona hari ini, keduanya berjenis kelamin perempuan," kata Juru bicara Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal.

Anak pertama berusia tujuh tahun warga Kuranji status pelajar, merupakan pasien karantina Balai Diklat Keagamaan. Kemudian anak usia enam tahun warga Piai Tangah, merupakan pasien Karantina BPSDM.

"Selain dua bocah ini juga terdapat sembilan lainnya dilaporkan sembuh, semuanya berasal dari RSUD," sebutnya. 

Dari RSUD Rasidin Padang terdapat empat orang yakni, Pria 30 tahun warga Subarang Padang, Pria 38 tahun warga Piai Tangah, pekerjaan swasta, Pria 26 tahun warga Kubu Dalam Parak Karakah, pekerjaan swasta, dan Wanita 32 tahun warga Pasa Gadang, status IRT. Semuanya terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi.

Kemudian pasien Karantina BPSDM terdapat lima orang yakni, Wanita 30 tahun warga Kuranji, pekerjaan tenaga kesehatan, Wanita 44 tahun warga Padang Tangah Kota Payakumbuh, status IRT, Wanita 20 tahun warga Kuranji, status mahasiswi, Wanita 16 tahun warga Kuranji, status pelajar, dan Pria 13 tahun warga Kuranji, status pelajar.

"Lima orang pasien sembuh dari karantina BPSDM juga terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi," katanya.

Hingga update data yang dikeluarkan oleh Jubir penanganan Covid-19 pukul 14.00 WIB terdapat 493 warga Sumbar yang dinyatakan sembuh, jumlah ini sebesar 70,43 persen dari total kasus positif terkonfirmasi di Sumbar. 

"Berdarkan data kesembuhan sampai hari ini kita kembali bersyukur, bahwa kita sangat jauh diatas angka kesembuhan nasional dan juga masih merupakan angka kesembuhan tertinggi di Indonesia," kata Jasman.

Melalui pencapaian ini, menunjukkan bahwa penanganan tracking dan tracing telah berada di jalur yang benar, diharapkan semua elemen tetap memberlakukan protokol Covid-19 dalam setiap aktivitas.

Kedisiplinan dan kepatuhan menjalani protokol Covid-19 adalah kata kunci yang harus diperhatikan dan dilaksanakan dalam aktivitas sehari-hari. "Tanpa kepatuhan dan kedisiplinan kita semua, yakinlah pandemi ini tidak akan berujung," tambah Jasman.

Selain sembuh, kasus meninggal dunia masih bertahan di angka 30 orang atau 4,29 persen dan pasien yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak 95 orang atau 13,57 persen dan isolasi diberbagai fasilitas 82 orang atau 11,71 persen. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]