Jelang Penerimaan Santri Baru, Perguruan Thawalib Adakan Workshop bagi Pengelola Asrama


Sabtu, 20 Juni 2020 - 07:29:49 WIB
Jelang Penerimaan Santri Baru, Perguruan Thawalib Adakan Workshop bagi Pengelola Asrama Perguruan Thawalib Padang Panjang tahun ajaran 2020/2021, diadakan kegiatan workshop untuk pengelola asrama Perguruan Thawalib selama dua hari berturut-turut pada Jumat hingga Sabtu, (19/6/2020 sampai 20/6/2020).

HARIANHALUAN.COM - Menjelang Penerimaan Santri Baru Perguruan Thawalib Padang Panjang tahun ajaran 2020/2021, diadakan kegiatan workshop untuk pengelola asrama Perguruan Thawalib selama dua hari berturut-turut pada Jumat hingga Sabtu (19/6/2020 sampai 20/6/2020) ini dengan menghadirkan narasumber kandidat doktor dari International Islamic University (IIU) Malaysia, Yulius Sikumbang.

Kegiatan workshop yang diikuti oleh seluruh guru asrama Thawalib Putra dan Thawalib Putri tersebut dimaksudkan sebagai langkah persiapan dalam penerimaan santri baru yang tinggal di asrama, sehingga pengelolaan dan pembinaan para santri di asrama dapat terlaksana dengan baik.

Wakil Sekretaris Yayasan Thawalib Padang Panjang, Fahmi kepada harianhaluan.com, Sabtu (20/6/2020) mengatakan, kegiatan workshop yang diikuti oleh seluruh guru asrama merupakan bagian dari program kerja Yayasan Thawalib dalam penataan pengelolaan asrama. Dijelaskan Fahmi, Perguruan Thawalib Padang Panjang menerapkan sistim pendidikan secara boarding school.

Yakni, para santri disediakan asrama sebagai tempat tinggal dan bagian dari pembinaan pendidikan. Sehingga, para santri baik putra maupun putri mengeyam pendidikan selama 24 jam di Perguruan Thawalib. “Para santri di Thawalib baik jenjang pendidikan Tsanawiyah maupun Aliyah diberikan pembinaan dan pendidikan selama 24 jam, dikarenakan Perguruan Thawalib menggunakan sistim boarding school,” kata Fahmi.

Untuk santri Thawalib Putra dengan lokasi kampus di Jalan Abdul Hamid Hakim, Kelurahan Pasar Usang, Padang Panjang memiliki lokasi pendidikan sendiri yang lengkap. Mulai dari gedung sekolah,  gedung asrama, gedung pertemuan, masjid dan sebagainya. Hal yang sama untuk santri Thawalib Putri dengan lokasi kampus di Jalan H. Agus Salim, Kelurahan Guguk Melintang, Padang Panjang juga dilengkapi dengan sarana prasarana seperti gedung sekolah, gedung asrama, masjid dan fasilitas lainnya.

Para santri yang tinggal di asrama mendapatkan pelayanan seperti pelayanan makan tiga kali sehari, pelayanan cuci pakaian setiap hari dan lainnya. Kemudian, selama tinggal di asrama, para santri akan mendapatkan pendidikan belajar malam habis shalat Isya sampai pukul 21.30 WIB. Pelajaran yang diberikan adalah tahfiz Al Quran, pelajaran kitab-kitab Thawalib dan berbagai pelatihan lainnya.

Tentang workshop yang dilaksanakan bagi guru asrama, kata Fahmi, adalah sebagai bagian langkah persiapan menghadapi Penerimaan Santri Baru, sehingga berbagai langkah persiapan dilakukan bagi santri baru yang tinggal nantinya di asrama. “Selain santri baru disediakan fasilitas seperti tempat tidur, kasur, lemari dan lainnya, juga para santri akan didampingi oleh guru asrama selama 24 jam,” ujarnya.

Sementara, Yulius Sikumbang mengatakan, sistim boarding school dengan santri tinggal di asrama dan dalam pembinaan para guru asrama selama 24 jam, maka peran dan keberadaan guru asrama sangat penting. Sebab, guru asrama menjadi penganti orang tua bagi para santri selama tinggal di asrama. 

“Beban pendidikan dan pembinaan anak yang sebelumnya di lakukan oleh orang tua selama tinggal di rumah, sekarang beralih kepada guru asrama karena anak anak tinggal di asrama,” katanya.

Kegiatan workshop sendiri, kata Yulius Sikumbang dalam rangka penguatan terhadap para guru asrama yang bertugas selama 24 jam melakukan pembinaan terhadap para santri. Dalam workshop tersebut semacam penyegaran dan penguatan pengetahuan bagi para guru asrama dalam pengelolaan dan pembinaan para santri. 

"Sehingga ketika penerimaan santri baru nanti sudah siap,” kata Yulius Sikumbang yang punya pengalaman dalam pengelolaan pesantren.

Perguruan Thawalib Padang Panjang telah membuka pendaftaran santri baru tahun ajaran 2020/20201. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website : www.thawalibpadangpanjang.sch.id. Atau pendaftaran melalui android dengan membuka aplikasi playstore kemudian install Thawalib Padang Panjang.

Penerimaan santri baru untuk jenjang pendidikan Tsanawiyah Thawalib bagi lulusan sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dan jenjang pendidikan Kuliyatul Ulum El-Islamiyah (KUI)/Aliyah bagi lulusan Tsanawiyah/SMP. (*)

 Sumber : rel /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]