Besok Gerhana Matahari Sebagian di Sumbar, Masyarakat Jangan Lihat Langsung


Sabtu, 20 Juni 2020 - 11:01:21 WIB
Besok Gerhana Matahari Sebagian di Sumbar, Masyarakat Jangan Lihat Langsung Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Irwan Slamet menjelaskan tentang gerhana matahari sebagian.

HARIANHALUAN.COM - Gerhana Matahari Sebagian (GMS) akan teramati pada 432 kabupaten dan kota di 31 provinsi di Indonesia pada Minggu (21/6/2020), termasuk Sumatra Barat. Di wilayah Sumbar, secara umum GMS akan dimulai pada pukul 14.03 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 14.54 WIB dan gerhana akan berakhir pada pukul 15.37 WIB. 

"Durasi gerhana yang teramati di Sumatera Barat rata-rata adalah 1,37 menit," kata Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Irwan Slamet, Jumat (19/6/2020).

Magnitudo gerhana di Sumbar terentang antara 0,031 di Tua Pejat hingga 0,099 di Lubuk Sikaping. Selain itu, Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari. 

Akibatnya saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya. Terdapat dua macam bayangan bulan yang terbentuk saat Gerhana Matahari Cincin, yaitu antumbra dan penumbra. 

Pada wilayah yang terlewati antumbra terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC), sementara di wilayah yang terkena penumbra, gerhana yang teramatinya berupa Gerhana Matahari Sebagian (GMS) Gerhana Matahari Cincin (GMC) terjadi pada 21 Juni besok di beberapa daerah dunia seperti di Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, Cina, dan Samudera Pasifik.

BMKG mengimbau masyarakat, saat terjadi gerhana untuk tidak melihat matahari secara langsung. "Gunakan kacamata yang menggunakan filter khusus," tutup Irwan. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]