Pesisir Selatan akan Menjadi Primadona Wisata Halal Sumbar


Sabtu, 20 Juni 2020 - 11:14:25 WIB
Pesisir Selatan akan Menjadi Primadona Wisata Halal Sumbar ilustrasi wisata halal

HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Pesisir Selatan siap melaksanakan wisata halal setelah ditetapkannya Perda Wisata Halal Sumbar. Kabupaten Pessel siap menjadi primadona wisata di Provinsi Sumatera Barat. Hal itu diungkapkan Anggota DPRD Sumbar asal Pesisir Selatan, Hamdanus dikutip dari akun Instagram @pessel_info, Sabtu (20/6/2020). 

Paparan tersebut dia katakan pada saat menghadiri silaturrahmi dengan masyarakat Pessel di perantauan itu sebagai bentuk memperkuat hubungan dengan perantau sekaligus menyerap aspirasi perantau demi kemajuan kampung halaman. Tentang kesiapan Kabupaten Pessel melaksanakan wisata halal itu diungkapkan Hamdanus untuk menjawab pertanyaan perantau. 

Perantau ingin putra daerah Kabupaten Pessel di DPRD Sumbar memperhatikan pembangunan pariwisata di kabupaten ini. Menurut Hamdanus, pengembangan pariwisata Kabupaten Pessel makin kuat dengan diterapkannya wisata halal. Pariwisata Pessel kini menjadi primadona di Sumatera Barat. 

"Pessel tak hanya punya Kawasan Mandeh sebagai Raja Ampat-nya Sumatera Barat. Tapi ada yang lain, misalnya, jembatan aka yang satu-satunya di Sumbar. Belum lagi wisata budaya, seperti rumah Mandeh Rubiah," jelasnya.

Diterapkannya wisata halal yang sesuai dengan akar adat dan budaya setempat, maka pariwisata Kabupaten Pessel akan memiliki keunikan khusus yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. "Perpaduan alam yang elok dan budaya yang religius ini akan menjadi daya tarik wisata Kabupaten Pessel yang akan membawa wisatawan nusantara dan mancanegara," ujar Hamdanus.

Wisata halal akan meningkatkan pariwisata Pessel dan Sumbar secara umum. Karena itu, sejak awal, Hamdanus yang duduk di Komisi V DPRD Sumbar yang membidangi pariwista sangat mendorong lahirnya Perda Wisata Halal Sumbar. Perda Wisata Halal Sumbar sudah dirancang jauh-jauh hari. Pembahasannya di DPRD Sumbar sempat terhambat. Baru pada periode dewan yang baru, Perda Wisata Halal dikebut dan akhirnya disahkan. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : Instagram @pessel_info /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 Juli 2020 - 17:40:53 WIB

    Objek Wisata Embung Solok di Pesisir Selatan Dibuka Lagi untuk Pengunjung

    Objek Wisata Embung Solok di Pesisir Selatan Dibuka Lagi untuk Pengunjung HARIANHALUAN.COM - Kawasan objek wisata Embung Solok di Nagari Bungo Pasang Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan, setelah ditutup sejak beberapa bulan lalu akibat pandemi virus covid-19, kembali dibuka sebagai taman hiburan mas.
  • Kamis, 17 Oktober 2019 - 18:27:35 WIB

    Kerenn..! Ada Talun Tujuh Bidadari  di Pesisir Selatan

    Kerenn..! Ada Talun Tujuh Bidadari  di Pesisir Selatan PAINAN,HARIANHALUAN.COM - Sebagian orang mungkin belum mengenal objek wisata baru yang satu ini, namanya Talun Tujuh Bidadari. Lokasi ini terletak pada ujung Pesisir Selatan tepatnya di Nagari Indrapura Selatan, Kecamatan Pan.
  • Rabu, 10 Juli 2019 - 19:16:05 WIB

    Kawasan Wisata Mandeh Pesisir Selatan Masuk Nominasi ISTA 2019

    Kawasan Wisata Mandeh Pesisir Selatan Masuk Nominasi ISTA 2019 PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, masuk nominasi pada ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019..
  • Kamis, 23 Mei 2019 - 21:33:23 WIB

    Pesisir Selatan Targetkan PAD Pariwisata Rp600 Juta Selama Lebaran

    Pesisir Selatan Targetkan PAD Pariwisata Rp600 Juta Selama Lebaran PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama libur lebaran di daerah itu Rp600 juta..
  • Ahad, 21 Juni 2015 - 18:44:44 WIB

    Pesisir Riau Masih Memprihatinkan

    PEKANBARU, HALUAN — Plt Gubernur Riau Arsya­djuliandi Rachman mengakui, kondisi pembangunan di kawasan pesisir Riau, hingga kini masih mem­prihatinkan. Hal itu mulai dari ketersediaan infras­truktur, sarana kesehatan,.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]