Ini Daerah di Sumbar yang Mengalami Gerhana Matahari Cincin


Sabtu, 20 Juni 2020 - 11:30:13 WIB
Ini Daerah di Sumbar yang Mengalami Gerhana Matahari Cincin ilustrasi gerhana matahari cincin

HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) memperkirakan Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada Minggu, (21/6/2020) di beberapa wilayah di Sumbar.

"Berdasarkan pengamatan yang kami lakukan, maka diperkirakan Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada Minggu, 21 Juni 2020 di Sumbar," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang Mamuri, Sabtu (20/6/2020).

Lebih lanjut, dia mengatakan, Gerhana Matahari Cincin yang teramati dari Sumbar berupa Gerhana Matahari sebagian dengan magnitudo Gerhana terentang antara 0,031 di Tua Pejat hingga 0,099 di Lubuk Sikaping. Secara umum Gerhana Matahari Cincin yang akan terjadi di Sumbar dimulai pada 14.03 WIB, puncaknya terjadi pada 14.54 WIB, dan akan berakhir pada 15.37 WIB.

"Durasi Gerhana Matahari yang teramati di Sumatera Barat rata-rata adalah 1,37 menit," katanya.

Dia menyebutkan daerah-daerah di Sumbar yang akan mengalami Gerhana Matahari Cincin pada Minggu (19/6) yaitu Padang, Simpang Ampek, Lubuk Sikaping, Lubuk Basung, Bukittinggi, Parit Malintang, Pariaman, Padang Panjang, Painan, Payakumbuh, Arosuka, Solok, Batu Sangkar, dan Sarilamak. "Selanjutnya, Sawahlunto, Muaro Sinjunjung, Padang Aro, dan Sungai Dareh," katanya.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak melihat matahari secara langsung pada saat terjadinya gerhana matahari tersebut. Masyarakat di sarankan agar menggunakan kaca mata yang memiliki filter khusus. Dijelaskannya bahwa Gerhana Matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan, sehingga tidak semua cahaya tersebut sampai ke Bumi.

Kemudian peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan itu hanya terjadi pada saat fase bulan baru yang dapat diprediksi sebelumnya. Ia menyebutkan BMKG memperkirakan terjadi enam kali Gerhana pada 2020 ini yaitu gerhana bulan penumbra (GBP) pada 11 Januari 2020 yang dapat diamati di Indonesia, GBP pada 6 Juni 2020, Gerhana Matahari Cincin (GMC) 21 Juni 2020 yang dapat diamati di Indonesia berupa Gerhana Matahari sebagian, kecuali di sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatera bagian Selatan.

Selanjutnya, GBP pada 5 Juli 2020 yang tidak dapat diamati di Indonesia, GBP 20 November 2020 yang dapat diamati di wilayah Indonesia bagian barat menjelang Gerhana berakhir, dan Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada 14 Desember 2020 yang tidak dapat diamati di Indonesia. (*)

 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 22:54:57 WIB

    Tanggap Bantu Warga, Mulyadi Dinilai Pantas Jadi Gubernur

    Tanggap Bantu Warga, Mulyadi Dinilai Pantas Jadi Gubernur HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Dapil Sumatera Barat (Sumbar) II Mulyadi langsung menanggapi permintaan masyarakat yang membutuhkan bantuan. Apalagi saat masa darurat, masyarakat banyak mengalami kesulitan karena terdampak .
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 13:18:39 WIB

    Bertemu Mensos RI, Ini Bocoran Pembicaraan Bupati Dharmasraya

    Bertemu Mensos RI, Ini Bocoran Pembicaraan Bupati Dharmasraya HARIANHALUAN.COM - Membahas tindak lanjut program pihak Kementerian Sosial Republik Indonesia, Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menemui Menteri Juliari Batubara di Jakarta, tepatnya di Gedung K.
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 20:10:30 WIB

    Setelah Limapuluh Kota, Kini Payakumbuh Juga Lepas Status Zona Hijau

    Setelah Limapuluh Kota, Kini Payakumbuh Juga Lepas Status Zona Hijau HARIANHALUAN.COM - Sebelumnya, Kabupaten Limapuluh Kota terpaksa melepaskan status zona hijau lantaran dilaporkannya kasus baru pasien Covid-19. Hal yang sama juga terjadi pada Kota Payakumbuh, Kamis (9/7/2020) Kota Batiah in.
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 18:42:19 WIB

    Ulang Tahun ke-30, IP Ucapkan Selamat untuk Faldo Maldini

    Ulang Tahun ke-30, IP Ucapkan Selamat untuk Faldo Maldini HARIANHALUAN.COM - Memasuki usia tiga puluh tahun, bakal calon Gubernur Sumatra Barat Faldo Maldini mendapatkan doa dari Gubernur Irwan Prayitno. Gubernur Sumbar tersebut berharap Faldo dapat berkontribusi dalam pembangunan k.
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 00:10:15 WIB

    Tak Ada yang Positif Covid-19 Hari Ini di Sumbar

    Tak Ada yang Positif Covid-19 Hari Ini di Sumbar HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan spesimen sampel yang diperiksa oleh laboratorium penanganan Covid-19 sebanyak 795 sampel, hari ini dilaporkan tidak adanya penambahan kasus posititf virus corona di Sumbar. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]