Jika Data COVID-19 Warga Indonesia Bocor, Ini Bahayanya


Sabtu, 20 Juni 2020 - 14:10:19 WIB
Jika Data COVID-19 Warga Indonesia Bocor, Ini Bahayanya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kasus kebocoran data pribadi yang melibatkan warga Indonesia kembali terjadi. Kali ini data tes COVID-19 yang diduga dijual hacker di forum online.

230 ribu data warga Indonesia dipajang di forum online RaidForums sejak Kamis 18 Juni 2020. Data yang dijual terbilang cukup lengkap mulai dari nama, umur, nomor telepon, alamat rumah, Nomor Identitas Kependudukan atau NIK, hasil rapid test, hasil PCR, hingga status terkait Covid-19.

Chairman dan Pendiri Indonesia Cyber Security Forum Ardi Sutedja mengatakan jika kesahihan data ini bisa dibuktikan kebenarannya maka kasus ini baru puncak dari gunung es.

"Semua ini merupakan puncak gunung es. Yang kita saksikan bersama ini baru 'petasan cabe rawit dan yang lebih besar belum dan masih dinanti," kata Ardi saat dihubungi detikINET, Sabtu (20/6/2020).

Ardi mengatakan bocornya data-data ini mengkhawatirkan karena tidak hanya berisi data pribadi tapi juga data kesehatan. Jadi potensi penyalahgunaan data yang bocor ini bisa lebih besar.

Jika biasanya data pengguna yang bocor bisa dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab untuk memalsukan identitas atau penipuan, data kesehatan ini bisa bernilai besar bagi industri farmasi dan kesehatan.

"Data bocor tersebut bisa dijadikan data riset gratis bagi industri farmasi global dan mereka bisa berhemat banyak dengan memanfaatkan data-data yang bocor tersebut ketimbang membuat riset sendiri," jelas Ardi.

Ardi menambahkan yang paling dikhawatirkan jika kebocoran data ini terbukti benar, akan berdampak buruk pada penanganan COVID-19 di Indonesia.

"Bisa menimbulkan ketidakpercayaan publik terhadap pemerintah di dalam mengelola data-data pasien COVID dan kemampuan untuk melakukan perlindungan data & privasi. Fyi, data-data pasien COVID itu rahasia," pungkasnya.
 

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 14:33:38 WIB

    Didesak Minta Maaf, Denny Siregar: Jika Santri Tersinggung Saya Pasti Minta Maaf

    Didesak Minta Maaf, Denny Siregar: Jika Santri Tersinggung Saya Pasti Minta Maaf HARIANHALUAN.COM - Pegiat media sosial Denny Siregar mendapat sejumlah kritik dan nasihat dari berbagai kalangan terkait unggahan 'Adek2ku Calon Teroris yg Abang Sayang' yang di posting di akun Facebook-nya. Denny bahkan dide.
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 21:15:16 WIB

    Tukin PNS Terancam Ditunda Jika Instansi Tak Pangkas Eselon

    Tukin PNS Terancam Ditunda Jika Instansi Tak Pangkas Eselon HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) merealisasikan penyederhanaan birokrasi di instansi-instansi pemerintah pada tahun ini. Bentuk penyederhanaan ini dengan cara mem.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 21:50:59 WIB

    Pengamat: Jika Premium Mau dihapus, Pemerintah Harus Konsisten

    Pengamat: Jika Premium Mau dihapus, Pemerintah Harus Konsisten HARIANHALUAN.COM - Pengamat Energi dari Reforminer Institute Komaidi Notonegoro menilai bahwa pemerintah tidak konsisten dalam penerapan bahan bakar minyak (BBM) yang berkualitas pada masyarakat. Hal itu ditandai dengan perub.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 19:45:50 WIB

    PKS Belum Yakin Prabowo Sukses Jika Jadi Capres 2024

    PKS Belum Yakin Prabowo Sukses Jika Jadi Capres 2024 HARIANHALUAN.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) turut memberikan komentar terhadap hasil survei yang digelar oleh Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) yang menyebut menyebut Prabowo Subianto masih berpeluang besar m.
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 07:55:09 WIB

    Mentan Siap Mundur Jika Target Tak Tercapai

    Mentan Siap Mundur Jika Target Tak Tercapai HARIANHALUAN.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tak akan menurunkan target produksi pangan strategis tahun 2021. Syahrul mengatakan, menurunkan target sama saja menggerus pakan rakyat. Bahkan, ia menegaskan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]