10 Hal yang Harus Diperhatikan jika Ingin Traveling Selama Masa Normal Baru


Sabtu, 20 Juni 2020 - 17:13:56 WIB
10 Hal yang Harus Diperhatikan jika Ingin Traveling Selama Masa Normal Baru Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - New Normal atau normal baru akan dan segera diterapkan, namun bagi para penyuka jalan-jalan harus tetap menjaga diri dan orang sekitar selama traveling. Corporate Strategic & Marketing Communication Best Hostels Indonesia, Juanito Alfa Nanlohy melalui keterangan resmi di Jakarta, Sabtu membagi tips melakukan traveling selama masa normal baru.

1. Siapkan dokumen
Sebelum memesan tiket atau melakukan booking hostel pilihan kamu, cari informasi resmi dan siapkan dokumen sesuai aturan pemerintah. Selain itu cari pula informasi terkait syarat dan ketentuan yang harus disiapkan jika ke daerah yang dituju.

2. New Normal, New Rules
Dengan adanya new normal ini, maka banyak peraturan dan protokol dalam berwisata. Pastikan sudah mencari tahu infonya. Peraturan itu bisa terkait pembatasan jumlah tamu, penggunaan masker, pembelian tiket, dan lain sebagainya.

3. Solo Traveling atau Staycation
Situasi pandemi bisa jadi membuat petualangan lebih seru. Anda bisa memilih staycation di mana bisa memesan tempat menginap dengan fasilitas yang cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan tanpa harus keluar kota menuju ke tempat wisata.

4. Gunakan kendaraan pribadi
Liburan tidak harus ke tempat jauh atau ke luar kota yang mengharuskan naik tranpostasi umum. Jelajahlah kota tempat tinggal dan cari tempat tempat unik yang belum pernah dikunjungi. Gunakan kendaraan pribadi agar terhindar dari kerumunan.

5. Hand Sanitizer
Untuk menjaga agar tetap higienis, hand sanitizer adalah barang yang wajib dibawa, selain itu siapkan juga tisu basah, tisu kering, sabun cair, dan disenfektan. Siapkan juga obat-obatan pribadi serta rutin konsumsi vitamin.

6. Bawa Peralatan Pribadi
Perlalatan pribadi yang wajib dibawa adalah tempat dan alat makan, botol minum, sendal, serta handuk. Walaupun banyak peralatan tersebut tersedia dan terlihat bersih di tempat wisata, namun menggunakan peralatan sendiri tetap lebih baik.

7. Gunakan Masker
Ke manapun tujuannya, masker adalah barang yang wajib dipakai. Selain mencegah penyebaran COVID-19, menggunakan masker juga membantu terhindar dari debu dan polusi selama perjalanan.

8. Hindari Destinasi Ramai
Setelah banyak tempat wisata dibuka, pasti akan ramai. Usahakan tetap jeli memilih tujuan wisata atau datang lebih awal. Jika terlanjur, maka tetap menjaga jarak dan tidak menyentuh wajah.

9. Transaksi non Tunai
Uang adalah salah satu medium penyebaran bakteri dan virus, oleh karena itu minimalisir penggunaan uang cash dalam bertransaksi. Manfaatkan sarana booking dan bayar online yang kini sudah banyak tersedia dan digunakan oleh tempat wisata.

10. Istirahat yang Cukup
Liburan yang menyenangkan pasti dilengkapi perjalanan yang melelahkan. Istirahatkan mata dari gadget dan istirahatkan badanmu dengan tidur lebih awal.

Pada kesempatan itu Juanito juga memperkenalkan platform baru Besthostels.co.id untuk memberikan semangat baru bagi para travelers Indonesia.

"Platform ini hadir di masa new normal sebagai harapan nantinya masyarakat Indonesia dapat berlibur dengan murah dan nyaman, juga tetap mematuhi prosedur pencegahan Covid-19 oleh pemerintah," ujarnya.(*)

 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 09:12:04 WIB

    Pandemi Covid-19, PAD Pantai Air Manis Padang Hilang Rp100 Juta

    Pandemi Covid-19, PAD Pantai Air Manis Padang Hilang Rp100 Juta HARIANHALUAN.COM - Selama pandemi virus Corona atau Covid-19, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Padang mencatat kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari objek wisata Pantai Air Manis (PAM) menc.
  • Ahad, 27 Oktober 2019 - 19:37:28 WIB

    'Bali Baru' Akan Sedot Rp10,1 Triliun, Jatah Danau Toba Paling Besar

    'Bali Baru' Akan Sedot Rp10,1 Triliun, Jatah Danau Toba Paling Besar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengutarakan pengembangan destinasi wisata Bali Baru memakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp10,1 trili.
  • Jumat, 30 Desember 2016 - 01:10:49 WIB

    Batam Target 100 Wajib Pajak Daring 2017

    Batam, Haluan — Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menargetkan 100 wajib pajak bidang usaha restoran, hotel, tempat hiburan dan parkir menggunakan sistem pencatatan dalam jaringan pada 2017..
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:04:16 WIB

    Sidang Perdana SP3 Perusahaan Riau Libatkan 10 Pengacara

    PEKANBARU, HALUAN — Sidang perdana Praperadilan gugatan atas terbitnya SP-3 (Surat Perintah Peng­hentian Penyidikan) terhadap 15 peru­sahaan yang diduga terjadi kebakaran lahan di Provinsi Riau, resmi digelar di Pengadila.
  • Rabu, 21 September 2016 - 01:50:40 WIB

    Pembakaran Karhutla Terancam 10 Tahun Penjara

    Pembakaran Karhutla Terancam 10 Tahun Penjara PASIRPANGARAIAN, HALUAN — Riah Barus (33), petani di Desa Aliantan, Kecamatan Kabun yang di­tangkap Tim Satgas Pena­nganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Rokan Hulu (Rohul), dengan tudu­han membakar lahan menga­ku.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]