Selama 2020, BMKG Prediksi Gerhana Terjadi 6 Kali


Sabtu, 20 Juni 2020 - 17:50:01 WIB
Selama 2020, BMKG Prediksi Gerhana Terjadi 6 Kali Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang memprediksi akan terjadi gerhana sebanyak enam kali sepanjang tahun 2020.

Gerhana pertama terjadi pada 11 Januari lalu yang dapat diamati di Indonesia, gerhana itu disebut dengan gerhana Bulan Penumbra (GBP), kemudian yang kedua merupakan Gerhana Bulan Penumbra (GBP) terjadi pada 6 Juni 2020, gerhana ini juga dapat diamati di Indonesia.

"Kemudian Gerhana Matahari Cincin (GMC) terjadi besok Minggu (21/6/2020), dapat diamati di Indonesia berupa gerhana Matahari sebagian, kecuali di beberapa wilayah Jawa dan sebagian kecil Sumatera bagian Selatan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG dari Stasiun Geofisika Padang Panjang, Mamuri, Jumat (19/6/2020)

Gerhana selanjutnya terjadi pada lima Juli mendatang, namun tidak dapat diamati di Indonesia, gerhana tersebut bernama Gerhana Bulan Penumbra (GBP).
Kemudian Gerhana Bulan Penumbra (GBP) juga terjadi pada 20 November mendatang, gerhana ini dapat diamati di wilayah Indonesia bagian Barat menjelang gerhana berakhir.

"Gerhana terakhir adalah Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi pada 14 Desember 2020 mendatang, gerhana ini tidak dapat diamati di Indonesia," tutupnya. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 April 2020 - 17:31:15 WIB

    Ini Perubahan yang Terjadi pada Bumi Selama Wabah Corona

    Ini Perubahan yang Terjadi pada Bumi Selama Wabah Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pembatasan yang diberlakukan untuk melawan Covid-19 menyebabkan semakin sedikit orang yang bepergian dengan mobil dan kereta api. Pabrik-pabrik juga berhenti beroperasi..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]