Mengatasi Krisis Dampak Pandemi Adalah Salah Satu Tugas PR, Seberapa Pentingkah PR Dalam Sebuah Organisasi?


Sabtu, 20 Juni 2020 - 18:57:48 WIB
Mengatasi Krisis Dampak Pandemi Adalah Salah Satu Tugas PR, Seberapa Pentingkah PR Dalam Sebuah Organisasi? Ilustrasi

Pandemi mengakibatkan dampak yang luar biasa dalam berbagi aspek. Terutama bagi perusahaan/organisasi. Dalam perusahaan/organisasi ada sebuah bagian yang mempunyai peranan penting dalam menangani krisis. Bagian itu adalah Public Relations (PR) atau yang biasa disebut dengan Humas. Apa itu Public Relations? Secara sederhana disingkat menjadi PR. Kebanyakan orang berasumsi PR sama dengan Sales, Advertising dan Marketing.

Oleh: Stefan Antonio
Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Andalas

Public Relations merupakan sebuah kegiatan yang mempunyai tujuan tertentu untuk jangka panjang, sedangkan Sales, Advertising dan Marketing adalah kegiatan jangka pendek yang melakukan penjualan produk. Public relations bukan merupakan seorang sales, advertising ataupun marketing. Sebenarnya Public Relations ini sudah dilaksanakan sejak awal peradaban.

Dalam melakukan pekerjaannya Public Relations mempunyai prinsip yaitu Good Relationship yang berarti hubungan baik. Public Relations tidak menjual barang atau produk sebagaimana yang dilakukan oleh marketing, tetap Public Relation “menjual” identitas, reputasi suatu organisasi atau perusahaan.

Setiap organisasi maupun perusahaan tentu mempunyai tujuan, termasuk tujuan komersial. Untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah, dalam mencapai tujuan tersebut, sebuah perusahaan atau organisasi maupun lembaga harus memperhatikan faktor-faktor yang dapat membuat perusahaan itu sendiri menjadi maju dan berkembang, terutama faktor lingkungan.

Ada dua lingkungan yang harus diperhatikan yaitu internal dan eksternal perusahaan. Disanalah peran Public Relations dari perusahaan tersebut melakukan fungsinya. Dalam internal perusahaan, Public Relations berfungsi untuk bagaimana membuat hubungan pimpinan dengan bawahan menjadi harmonis sehingga terciptalah suasana kerja yang kondusif dan nyaman bagi semua bawahan maupun pimpinan itu sendiri. Public Relations berusaha bagaimana menciptakan iklim yang baik agar roda kegiatan dalam perusahaan berjalan lancar demi mencapai tujuan.

Di lingkungan eksternal, Public Relations ini mempunyai banyak aktivitas seperti publisitas, advertising, promosi, mendukung pemasaran, press release, manajemen isu, manajemen krisis, penghubung lembaga, dan lain sebagainya.

Semua aktivitas eksternal yang dilakukan Public Relations bertujuan untuk menciptakan citra, reputasi, keuntungan, bahkan eksisnya sebuah perusahaan. Selain itu Public Relaions juga harus bisa tetap mejaga dan memperkuat citra positif yang sudah berkembang di mata publik terhadap perusahaan tersebut.

Fungsi utama Public Relations adalah untuk membangun kepercayaan dan hubungan yang baik dengan publik. Public Relations juga berfugsi untuk menjaga itikad baik, pengertian, dan saling percaya dengan publik. Bagaimana Public Relations membangun citra yang positif.

Membangun hubugan yang baik dengan public bukan merupakan sebuah kegiatan yang mudah. Membangun hubungan baik itu harus mempunyai skill (Komunikatif persuasif dan rencana yang matang) atau integritas yang ada pada Public Relations. Setiap organisasi atau perusahaan selalu menginginkan kemajuan dan perkembangan. Peran Public Relations dalam hal ini menjadi sangat penting. Public Relation mempunyai tugas bagaimana menciptakan opini yang baik dari masyarakat terhadap reputasi perusahaan.

Public Relations sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan sebuah perusahaan, karena Public Relations adalah garda terdepan atau frontliner yang secara langsung bersentuhan dengan berbagai masalah yang timbul.

Permasalahan yang diakibatkan oleh kesalahan perusahaan itu sendiri akan berdampak besar terhadap reputasi perusahaan. Disitulah tugas Public Relations bagaimana mereka mengelola isu atau masalah-masalah yang terjadi dapat diselesaikan sehingga opini publik akan tetap positif terhadap perusahaan tersebut.

Pada zaman sekarang ini, semua informasi dalam bidang apapun dapat dicari melalui teknologi. Masyarakat atau publik mejadi lebih melek informasi terhadap kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan permasalahan-permasalahan yang dapat mengancam kehidupan orang banyak.

Public Relation berusaha membangun reputasi melalui aktivitas-aktivitas yang efektif melalui berbagai media. Public Relations bertugas untuk mengarahkan perusahaan untuk menyesuaikan kepentingan publik. Public Relations melakukan tugasnya dalam mencari tren atau gaya yang sedang berkembang pada masyarakat, sehingga terjadi feedback yang efektif antara masyarakat dengan perusahaan.

Begitu juga dalam menangani permasalahan yang terjadi, Public Relations harus bisa mengendalikan masalah secara jujur dengan tidak membuka aib atau kesalahan perusahaan dan tetap menjaga opini yang positif terhadap perusahaan dari masyarakat atau publik.

Selain itu Public Relations itu juga mencari solusi terhadap permasalah-permasalahan yang terjadi sehingga tercipta kepuasan antara kedua belah pihak yaitu perusahaan dan publik.

Mengatasi krisis yang dialami oleh sebuah perusahaan menjadi salah satu tugas yang sangat penting dilakukan oleh PR. PR mempunyai tugas untuk manajemen krisis dengan berbagai strategi penanganan krisis. Maka, dalam berbagai krisis yang dialami oleh perusahaan/organisasi akibat dari pandemic ini, PR dapat difungsikan sebagaimana semestinya. (**)

 Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]