5 Tahapan Persiapan Disdik Pasbar dalam Sukseskan PPDB 2020


Sabtu, 20 Juni 2020 - 21:38:21 WIB
5 Tahapan Persiapan Disdik Pasbar dalam Sukseskan PPDB 2020 Ist

HARIANHALUAN.COM - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 di Pasaman Barat melalui lima proses tahapan demi suksesnya penerimaan siswa baru tahun 2020. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat Marwazi, Jumat (19/6/2020).

Tahap pertama dimulai dari persiapan, seperti peraturan perundang-undangan pergub, peraturan menteri, bupati, jumnis serta membentuk panitia PPDB di setiap satuan pendidikan. Kemudian yang kedua adalah sosialisasi kepada masyarakat terkait teknis, zonasi tempat tinggal dan sistem pelaksanaanya.

"Masih terdapat 25 jorong blank spot di Pasaman Barat, untuk mengatasinya dengan membuka pelayanan luring secara langsung," kata Marwazi.

Demi maksimalnya pelayanan luring, Dinas Pendidikan Pasaman Barat mengadakan vidcon dengan pengawas, dewan pendidikan dan beberapa unsur yang terlibat, agar sistem PPDB tahun ini dipahami oleh masyarakat.

Selanjutnya tahap ketiga merupakan tahap persiapan. Dalam memaksimalkan pelaksanaan secara daring, salah satu SMA di Pasbar telah membuat aplikasi dalam proses PPDB 2020, namun saat ini terkait pelaksanaan penerimaan calon siswa masih banyak dilakukan lewat pesan Whatsapp (WA).

Bagi daerah yang memiliki keterbatasan akses internet, maka sistem luring dilakukan dengan cara mengirim formulir ke sekolah, kemudian sekolah yang bersangkutan akan mendirikan loket dan posko pengaduan dengan protap Covid-19.

"Kita akan membuka pengaduan bagi Paud, TK, SD, SMP dan SMA sehingga berbagai keluhan dapat ditampung dan diselesaikan," tambahnya.

Pelaksanaan PPDB nantinya akan di evaluasi setiap tahap yang dilakukan agar dapat menjadi bahan perbaikan kedepannya. Tahap terakhir yang dilakukan nantinya yakni pelaporan dari hasil yang dilakukan mulai dari perencanaan hingga penerimaan calon siswa selesai. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]