Warga Jorong Kapalo Koto Tanamkan Semangat Gotong-royong


Ahad, 21 Juni 2020 - 10:49:11 WIB
Warga Jorong Kapalo Koto Tanamkan Semangat Gotong-royong Warga Jorong Kapalo Koto terlihat semangat melaksanakan Gotong Royong membersihkan salah satu tempat fasilitas umum yang ada di Jorong Kapalo Koto Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan, Minggu (21/6).

HARIANHALUAN.COM - Semangat gotong royong perlu terus ditumbuhkan di tengah-tengah masyarakat, sehingga budaya kebersamaan antar warga tersebut tidak punah ditelan zaman yang semakin modern dan pola hidup masyarakat semakin individual. Itulah yang dilakukan Warga Jorong Kapalo Koto Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan yang melakukan Gotong Royong membersihkan taman, jalan usaha tani serta kantor jorong yang ada di jorong Kapalo Koto, Minggu (21/6).
 
Wali Nagari Padang Sibusuk Aprizaldi SP didampingi Kepala Jorong Kapalo Koto Imran Catio mengatakan bahwa  kegiatan tersebut ditujukan untuk peningkatan kebersihan lingkungan dan fasilitas umum di Jorong Kapalo Koto dan memberikan kenyamanan bagi warga sekitar serta seluruh warga yang melintas di tempat tersebut, sehingga memberikan kebersihan serta keindahan lingkungan disekitar kita. 

"Dalam menumbuhkan kerjasama antar warga kegiatan kerja bakti  atau gotong royong tersebut melibatkan warga setempat, dimana mereka bekerjasama dalam menciptakan lingkungan yang asri, bersih, nyaman dan indah. Kegiatan tersebut juga dilaksanakan secara rutin, di tiap jorong yang ada di Kenagarian Padang Sibusuk," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Jorong Kapalo Koto Imran Catio menambahkan jika kegiatan gotong royong merupakan budaya leluhur dan perlu terus dilestarikan, karena dengan kebersamaan, keakraban dan persaudaraan antar warga semakin erat dan harmonis.

"Semoga dengan terus menjaga hubungan yang harmonis antara warga masyarakat, terus tercipta kondisi yang aman, damai dan tenteram khususnya di wilayah kerja kami," katanya.

“Ini sudah menjadi kebiasaan (tradisi) yang terjaga kelestariannya. Membersihkan areal taman mini serta jalan usaha tani yang sering digunakan warga serta aset nagari lainnya yang ada di jorong Kapalo Koto dari rerumputan ataupun sampah sudah menjadi tanggung jawab bersama,” katanya.

Terlihat dalam Gotong Royong yang digelar warga di Jorong Kapalo Koto tersebut, tidak ada perbedaan pekerjaan antara yang muda maupun yang tua, laki laki maupun perempuan. Namun dengan semangat Gotong Royong,  para warga bahu membahu sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. (*)

 

Reporter : Ogi Sunandar /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]