Gerhana Matahari Cincin di Pasaman, Masyarakat Belum Tahu Bahaya Melihat Langsung


Ahad, 21 Juni 2020 - 13:11:09 WIB
Gerhana Matahari Cincin di Pasaman, Masyarakat Belum Tahu Bahaya Melihat Langsung Suasana keramaian di kawasan Pasar Lama Lubuksikaping terpantau pada Minggu siang (21/6). (harianhaluan.com)

HARIANHALUAN.COM - Jelang memasuki fase fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) cuaca terpantau cerah berawan di salah satu titik lintasan, kawasan pusat pemerintahan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, di Lubuksikaping, Minggu siang (21/06). 

Pantauan harianhaluan.com, aktifitas warga di salah satu pasar tradisional daerah itu, kawasan pasar lama Lubuksikaping juga terlihat normal seperti biasa dibawah pengawasan petugas gabungan guna memastikan pelaksanaan fase kenormalan baru atau New Normal di daerah setempat. 

Salah seorang pedagang di pasar tersebut, Rahmat (25), mengaku belum mengetahui akan terjadinya fenomena alam langka melintasi daerah itu dan mengaku tidak memahami bahayanya jika melihat langsung ke arah matahari saat gerhana berlangsung. "Tidak ada pemberitahuan dari petugas disini," ujarnya.

Pengunjung pasar lainnya, Sukma (51) mengaku sudah mengetahui peristiwa langka itu melalui media massa lokal Sumatera Barat yang cukup ramai memberitakannya sejak kemarin. "Kami tidak sabar ingin menyaksikannya karena selama ini hanya melihat fenomena gerhana di televisi," ucapnya. 

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) memperkirakan Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada Minggu, (21/6/2020) di beberapa wilayah di Sumbar. Gerhana Matahari Cincin yang teramati dari Sumbar berupa Gerhana Matahari sebagian dengan magnitudo Gerhana terentang antara 0,031 di Tua Pejat hingga 0,099 di Lubuk Sikaping. 

Secara umum Gerhana Matahari Cincin yang akan terjadi di Sumbar dimulai pada 14.03 WIB, puncaknya terjadi pada 14.54 WIB, dan akan berakhir pada 15.37 WIB. Durasi Gerhana Matahari yang teramati di Sumatera Barat rata-rata adalah 1,37 menit. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]