Kenapa Facebook dan Twitter Kembali Hapus Video Donald Trump?


Ahad, 21 Juni 2020 - 13:36:25 WIB
Kenapa Facebook dan Twitter Kembali Hapus Video Donald Trump? Donald Trump

HARIANHALUAN.COM - Facebook dan Twitter kembali menghapus video yang dipostingkan oleh akun milik Donald Trump. Hal ini bukan pertama kali terjadi pada presiden AS tersebut. Paling baru, video yang dipostingkan Donald Trump berisikan dua balita. Video ini viral setelah salah satu orang tua anak-anak mengajukan klaim hak cipta, Jumat (19/6/2020).

Melansir laman CNN, Sabtu (20/6/2020), video ini memiliki lebih dari 4 juta tampilan di Facebook (FB) dan lebih dari 20 juta tampilan di Twitter (TWTR) sebelum diturunkan. Video yang sekarang dihapus adalah edit kasar dan disebut menyesatkan, merupakan sebuah video viral tahun lalu yang menunjukkan seorang anak berkulit hitam dan seorang anak berkulit putih berlari dan saling berpelukan.

Versi yang diposting ke akun Trump membuatnya seolah-olah pertama kali muncul adalah anak kulit hitam melarikan diri dari anak kulit putih. Jukin Media, sebuah perusahaan yang mewakili pembuat video termasuk orang tua yang memiliki video ini, mengatakan dalam pernyataan yang diberikan kepada CNN Business, Jumat sore.

"Baik pemilik video maupun Jukin Media tidak memberikan izin kepada Presiden untuk memosting video, dan setelah ulasan kami, kami percaya bahwa penggunaan kontennya secara tidak sah adalah contoh nyata pelanggaran hak cipta tanpa penggunaan yang adil atau pembelaan lainnya," jelasnya.

Jukin mengatakan dalam pernyataannya bahwa pihaknya telah mengirimkan permintaan penghapusan ke Twitter. Jukin tidak mengkonfirmasikan telah mengirim permintaan penghapusan ke Facebook, tetapi Andy Stone, juru bicara Facebook, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima keluhan hak cipta dari pemegang hak video ini di bawah Digital Millennium Copyright Act dan telah menghapus posting.

Twitter juga mengonfirmasi video yang dipostingkan Donald Trump itu dihapus setelah klaim hak cipta. Itulah kenapa Facebook dan Twitter menghapus video yang dipostingkan Donald Trump, karena alasan hak cipta. (*)

 Sumber : HiTekno /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 16:19:18 WIB

    Zoom Nonaktifkan Sementara Layanan Giphy, Kenapa?

    Zoom Nonaktifkan Sementara Layanan Giphy, Kenapa? HARIANHALUAN.COM -- Layanan Giphy dihentikan sementara di fitur chat  Zoom. Dalam blog resminya, Zoom menuliskan bahwa hal ini dilakukan sementara, sampai kemanan tambahan pada Zoom telah dipasang..
  • Jumat, 15 Mei 2020 - 21:02:27 WIB

    Google Mendadak Alami 'Krisis' Laptop, Kenapa Nih?

    Google Mendadak Alami 'Krisis' Laptop, Kenapa Nih? HarianHaluan.com - Google dilaporkan sedang alami 'krisis' laptop dan belum bisa memfasilitasi kebutuhan karyawan barunya..
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 15:40:31 WIB

    Bos Xiaomi Dicap Tukang Bohong oleh Warganet, Loh Kenapa?

    Bos Xiaomi Dicap Tukang Bohong oleh Warganet, Loh Kenapa? HarianHaluan.com - Bos Xiaomi Lei Jun dicap pengkhianat dan penipu oleh warganet. Hal itu karena dirinya tertangkap basah menggunakan iPhone saat mengunggah postingan di media sosial Weibo. Dalam postingan tersebut muncul gam.
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 09:05:25 WIB

    Kenapa Game Worm Zone Lebih Menarik dari Slither.io, Ini Alasannya!

    Kenapa Game Worm Zone Lebih Menarik dari Slither.io, Ini Alasannya! TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Beberapa waktu yang lalu ada game yang cukup menarik perhatian dan menarik minat. Game ini cukup simple padahal mode game yang sama sudah ada cukup lama. Tapi, kenapa game ini lebih dikenal? Berikut.
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 12:20:21 WIB

    Suzuki Jimny Tidak Boleh Mengaspal di Eropa, Kenapa?

    Suzuki Jimny Tidak Boleh Mengaspal di Eropa, Kenapa? OTOMOTIF, HARIANHALUAN.COM - Munculnya generasi terbaru Suzuki Jimny mengobati rasa rindu para penggemarnya di seluruh belahan dunia. Sayangnya bagi penduduk benua biru tampaknya harus rela mobil tersebut dilarang untuk masuk.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]