Sering Ingin BAB setelah Makan? Mungkin Anda Mengalami Ini


Ahad, 21 Juni 2020 - 13:45:15 WIB
Sering Ingin BAB setelah Makan? Mungkin Anda Mengalami Ini ilustrasi ke kamar mandi

HARIANHALUAN.COM - Beberapa orang mungkin langsung merasa mulas dan ingin buang air besar atau BAB setelah makan. Tahukah Anda? Penyebab paling mungkin dari kebutuhan BAB setelah makan adalah refleks gastrokolik. Dilansir dari Medical News Today, refleks gastrokolik atau respons gastrokolik, adalah reaksi tak sadar yang normal terhadap makanan yang masuk ke lambung.

Ketika makanan memasuki organ ini, tubuh melepaskan hormon yang menyebabkan usus besar berkontraksi. Kontraksi ini memindahkan makanan yang sebelumnya dimakan lebih jauh melalui sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan keinginan untuk buang air besar. Namun, intensitas refleks gastrokolik dapat bervariasi pada masing-masing individu. 

Bagi sebagian orang, refleks gastrokolik ringan, tidak menimbulkan gejala. Bagi yang lain, refleks gastrokolik sangat kuat dan keinginan untuk buang air besar setelah makan bisa sangat parah. Kondisi kesehatan tertentu dapat memengaruhi refleks gastrokolik. Misalnya, sindrom iritasi usus (IBS) dapat menyebabkan saluran pencernaan seseorang untuk memindahkan makanan melalui sistem mereka pada tingkat yang jauh lebih cepat.

Kondisi lain yang dapat menyebabkan seseorang BAB lebih cepat daripada rata-rata orang lain yakni alergi makanan dan intoleransi makanan, kegelisahan, radang perut, penyakit celiac, penyakit radang usus (IBD) dan penyakit Crohn. Masing-masing kondisi di atas dapat meningkatkan intensitas refleks gastrokolik, menghasilkan dorongan untuk BAB segera setelah makan. 

Mereka juga dapat menimbulkan gejala pencernaan tambahan, seperti lebih sering kentut, sakit perut hingga diare. Refleks gastrokolik sendiri adalah kondisi normal dan umumnya tidak perlu pengobatan. Namun, seseorang harus mengunjungi dokter mereka jika mereka mengalami hal berikut:

  • Respons gastrokolik yang intens dan sering terhadap makanan
  • Diare berlangsung lebih dari 2 hari
  • Gejala lambung tambahan. (*)

 Sumber : HiMedik /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 16 Juni 2020 - 21:54:31 WIB

    Kenali 6 Gejala Kanker Ovarium, Salah Satunya Sering Buang Air Kecil

    Kenali 6 Gejala Kanker Ovarium, Salah Satunya Sering Buang Air Kecil HARIANHALUAN.COM - Penyakit kanker memang sulit dideteksi dan baru terlihat ketika sudah memasuki fase yang cukup kritis. Bagi para perempuan, kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup mengancam..
  • Senin, 01 Juni 2020 - 23:00:32 WIB

    Sering Terlupakan, Cuci Tangan Bukan Cuma Soal 20 Detik

    Sering Terlupakan, Cuci Tangan Bukan Cuma Soal 20 Detik HARIANHALUAN.COM - Meskipun jumlah pasien corona Covid-19 belum mengalami penurunan, tapi pemerintah berencana untuk membuka beberapa tempat seperti, mal, dan tempat pariwisata. Pemerintah pun menyebut hidup berdampingan deng.
  • Jumat, 10 April 2020 - 11:04:00 WIB

    Bunda Wajib Tahu! Ini Bahayanya Bila Anak Sering Tunda Imunisasi

    Bunda Wajib Tahu! Ini Bahayanya Bila Anak Sering Tunda Imunisasi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Spesialis anak dr. Lucyana, SpA mengatakan imunisasi yang tertunda bisa membuat anak rentan sakit..
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 11:31:42 WIB

    Jokowi Bela Prabowo Sering ke Luar Negeri

    Jokowi Bela Prabowo Sering ke Luar Negeri JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) 'pasang badan' terkait kunjungan kerja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang kunjungan kerja ke luar negeri. Jokowi menyebut Prabowo melakukan diplomasi pe.
  • Jumat, 10 Januari 2020 - 16:03:24 WIB

    Anda Sering Buang Air Kecil? Mungkin Ini Sebabnya

    Anda Sering Buang Air Kecil? Mungkin Ini Sebabnya HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Sering bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil tentu membuat risih. Di sisi lain, seberapa sering buang air kecil atau kencing sebenarnya adalah tanda yang sangat penting bagi kesehatan secara .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]