Penyebaran Sempat Melambat, Tiga Warga Lubuk Sikaping Positif Covid-19


Ahad, 21 Juni 2020 - 13:52:37 WIB
Penyebaran Sempat Melambat, Tiga Warga Lubuk Sikaping Positif Covid-19 ilustrasi Covid-19

HARIANHALUAN.COM - Sempat dikabarkan penyebaran Virus Covid -19 melambat, Satuan Unit Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, mengkonfirmasi tiga orang warga Kecamatan Lubuksikaping positif terpapar virus pandemi itu. 

"Kasus positif itu terkonfirmasi seiring terbitnya hasil pemeriksaan laboratorium Universitas Andalas terhadap sampel Swab Test asal Pasaman pada Minggu pagi (21/6/2020)," kata Koordinator Komunikasi Publik satuan Gugus Tugas setempat, William Hutabarat melalui siaran pers.

Menurutnya, korban tersebut berinisal VY(24), berjenis kelamin wanita dan sedang hamil 36 bulan, dilaporkan tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah zona merah pandemi Covid-19. Korban berikutnya, berinisial H (37), berjenis kelamin laki-laki dan sehari-hari bekerja sebagai Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuksikaping dan beralamat di Simpang Wisma Murni, Kenagarian Pauh. 

"Yang terakhir terkonfirmasi berinisial YM (15), pelajar Pondok Pesantren Al Falah Tambaru di pulau Jawa akan tetapi sudah berada di Lubuksikaping sejak tiga bulan lalu," ungkapnya. 

Terkait tindakan yang sudah dilakukan pihaknya pada Minggu pagi (21/6/2020) adalah menggelar apel siaga Covid-19 dipimpin Kepala Dinas Kesehatan setempat dengan melibatkan segenap perwakilan petugas gabungan dari TNI/Polri, unsur Pemerintahan Nagari yang masyarakatnya terkonfirmasi positif dan pihak terkait lainnya. 
 
"Kami juga telah melaksanakan penjemputan ke rumah warga yang positif Covid -19 untuk selanjutnya akan segera dirujuk ke RSUP DR. M Djamil Padang guna mendapatkan perawatan dan diisolasi, " ujarnya. 

Sebagai upaya penanganan lanjutan, pihaknya dalam jangka waktu secepatnya akan melaksanakan swab test bagi setiap orang yang terindikasi ada kontak langsung dengan pasien. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]