Fantastis, Gitar Kurt Cobain Terjual Rp85 Miliar


Ahad, 21 Juni 2020 - 14:00:03 WIB
Fantastis, Gitar Kurt Cobain Terjual Rp85 Miliar Gitar Kurt Cobain yang digunakan di MTV Unplugged 1993.

HARIANHALUAN.COM - Gitar ikonis milik Kurt Cobain yang pernah dimainkan dalam acara "MTV Unplugged" 1993 laku terjual US$6,01 juta atau sekitar Rp85,6 miliar (dengan kurs Rp14.243 per dollar). Gitar terjual dalam sebuah acara lelang di Los Angeles, Amerika Serikat, Sabtu (20/6/2020) waktu setempat.

Angka penjualan tersebut berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang gitar Stratocaster milik David Gilmour, vokalis Pink Floyd yang laku dijual seharga US$3,95 juta pada tahun lalu. Gitar akustik-elektrik retro tipe Martin D-18E 1959 milik Kurt Cobain itu pernah digunakan kala tampil di New York, AS, lima bulan sebelum kematiannya yang menghebohkan pada 1994 silam. 

Kurt Cobain meninggal pada usia 27 tahun. Mengutip Variety, penawar yang berhasil mendapatkan gitar ikonis itu adalah Peter Freedman, salah satu pendiri Rode Microphones. Freedman mendapatkan gitar beserta case aslinya yang dihiasi dengan selebaran album Feel the Darkness milik kelompok musik Poison Idea yang dirilis pada 1990. 

Paket itu juga berisi setengah string gitar, tiga pick gitar serta tas berbahan suede yang berisi sendok perak, garpu dan pisau. Tak hanya itu, barang-barang Nirvana lain juga berhasil terjual dalam gelaran tersebut. Termasuk di antaranya poster "Nevermind" yang ditandatangani dan laku terjual seharga US$56,25 ribu. 

Ada pula film negatif beserta cetakan hasil pemotretan untuk majalah Spin pada 1992 lengkap bersama tanda tangan yang dijual seharga US$35,2 ribu. Ada pula segelintir aksesori Nirvana lainnya yang dijual masing-masing seharga US$512. Nirvana tampil secara akustik dalam acara "MTV Unplugged" pada 18 November 1993. 

Penampilan mereka disebut menjadi aksi terbaik dalam sejarah pentas langsung. Kala itu, mereka membawakan sejumlah hit seperti "About A Girl", "Come As You Are", serta lagu milik David Bowie, "The Man Who Sold the World". Selain gitar, sejumlah memorabilia milik Kurt Cobain lainnya juga dijual dalam pelelangan tersebut. 

Beberapa di antaranya seperti gitar hitam custom-made dan gitar Fender Stratocaster yang hancur kala dimainkan dalam Utero Tour 1994. Ada pula kemeja lengan panjang berwarna perak yang digunakan oleh Kurt Cobain dalam video musik "Heart-shaped Box" pada 1993 yang sebelumnya juga dikenakan Kurt Cobain dalam MTV Unplugged Oktober 1998 juga berhasil terjual dengan harga US$334 ribu. (*)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]