Masyarakat Nagari Limau Purut Minta Aktivitas Tambang Galian C Ditutup


Ahad, 21 Juni 2020 - 15:12:32 WIB
Masyarakat Nagari Limau Purut Minta Aktivitas Tambang Galian C Ditutup Masyarakat Nagari Limau Purut, Pessel menolak adanya galian C.

HARIANHALUAN.COM - Puluhan masyarakat di Nagari Limau Purut Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kembali menyampaikan tuntutannya terkait keberadaan aktivitas tambang galian C yang beroperasi di nagari tersebut. 

Rombongan warga yang merupakan perwakilan dari kelompok tani, pemuda dan tokoh masyarakat lainnya itu, meminta pihak tambang galian C yang dikelola oleh CV Bangun Jaya Indojati (BJI) untuk dapat memenuhi dan menyepakati tuntutan masyarakat.

Dikutip dari akun Instagram @pessel_info, Minggu (21/6/2020) aksi warga ini ditanggapi oleh pemerintah nagari dan Bamus untuk dapat bermusyawarah. Dari musyawarah yang dilakukan masyarakat dan CV BJI sepakat aktivitas tambang galian C dihentikan dan mencabut izin beroperasinya.

Pihak CV BJI yang diwakili oleh Budi Yarman menyepakati semua tuntutan yang disampaikan oleh masyarakat tersebut. Kemudian menurut Ketua kelompok tani, Asmardi menyatakan keluhan mereka itu beralasan sebab lokasi pengerukan galian C yang dilakukan itu CV Bangun Jaya Indojati (BJI) berada persis di samping areal persawahan masyarakat.

"Jadi, menurut masyarakat akibat pengerukan material air yang mengalir di Sungai Batang Tapan itu telah meluber ke sawah dan ladang masyarakat yang berjumlah pulahan hektar yang membentang di sepanjang sungai itu," kata Asmardi.

Ketua Bamus Nagari Limau Purut Tapan, Jaka Pratama juga mengakui kondisi yang terjadi itu telah terjadi pergeseran Sungai Batang Tapan dari jalur sebelumnya. "Pergeseran itu justru mengarah ke lahan sawah dan ladang masyarakat,” kata Jaka.

Jaka berpendapat jika persoalan ini dibiarkan berlarut-larut maka kerugian besar akan dialami oleh masyarakat Nagari Limau Purut Tapan. “Ada sekitar 25 orang warga yang hadir, termasuk dari pihak pengelola tambang,” tutupnya. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : instagram @pessel_info /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]