Terhalang Cuaca Buruk, Gerhana Matahari Cincin Tak Terlihat di Pasaman


Ahad, 21 Juni 2020 - 16:29:51 WIB
Terhalang Cuaca Buruk, Gerhana Matahari Cincin Tak Terlihat di Pasaman Suasana saat gumpalan awan mulai menutupi Matahari sehingga menghalangi upaya pengamatan berlangsungnya Gerhana Matahari Cincin di Lubuksikaping, Sumatera Barat, Minggu (21/06).

HARIANHALUAN.COM - Terhalang cuaca buruk yang tiba-tiba menutupi langit Kota Lubuksikaping Pasaman, Sumatera Barat, fase fenomena Gerhana Matahari Cincin yang melintasi daerah itu tidak bisa diamati secara langsung. 

Pantauan harianhaluan.com di kawasan Pasar Lama Lubuksikaping, Minggu (21/6/2020), sejumlah masyarakat dan awak media yang sudah menantikan detik-detik sejajarnya tiga objek langit yakni Matahari, Bulan dan Bumi itu nampak kecewa dan memilih membubarkan diri saat gerimis mulai mengguyur kawasan tersebut. 

Salah seorang pewarta salah satu media daring Nasional, Afif Piliang di Lubuksikaping menyebut, dalam pengamatan kali ini dia sudah menyiapkan sejumlah peralatan pengambilan gambar dan kacamata pelindung mata. "Kecewa, tapi tidak bisa berbuat apa-apa karena cuaca buruk tiba-tiba. Itu juga sebuah fenomena alam yang tidak bisa ditolak, "katanya Minggu (21/6/2020). 

Seorang warga lainnya yang ingin turut melakukan pengamatan di lokasi itu, Yondra (36) juga merasakan kekecewaan yang sama mengingat fenomena ini sangat langka dan mungkin kali pertamanya terjadi di daerah itu selama ratusan tahun. "Saya berencana menyaksikan detik-detik terjadinya Gerhana sebelum menunaikan Shalat Sunat Gerhana bersama keluarga, meskipun tidak bisa menyaksikan langsung saya tetap melaksanakan niat saya dan berdoa untuk keselamatan diri saya dan keluarga, bangsa dan negara," ungkapnya. 

Kawasan Lubuksikaping pada saat fase Gerhana berlangsung, diguyur hujan dengan intensitas ringan dan cuaca tampak lebih mendung dari biasanya. Aktifitas warga berlangsung normal dan sebagian besarnya memilih berada di rumah seiring adanya informasi tentang tiga orang warga di kota itu kembali terpapar virus Covid-19 setelah sempat dinyatakan tidak ditemukannya pasien positif baru hingga usai Lebaran 1441 Hijriyah. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 Agustus 2017 - 09:20:52 WIB

    Trans Mentawai Terhalang HPH

    Trans Mentawai Terhalang HPH “Dalam pengerjaanya masih ada kendala. Lahan yang akan digunakan banyak berstatus Hak Pengusahaan Hutan (HPH). Ini menjadi kendala yang harus diselesaikan” Naslindo Sirait, Kepala Bappeda Mentawai..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]