Hari Ini Adalah Hari Ayah Sedunia, Ternyata Begini Sejarahnya


Ahad, 21 Juni 2020 - 16:54:52 WIB
Hari Ini Adalah Hari Ayah Sedunia, Ternyata Begini Sejarahnya ilustrasi Hari Ayah

HARIANHALUAN.COM - Pada 21 Juni 2020, dunia memperingati Hari Ayah atau Father's Day. Hari ini bisa menjadi kesempatan untuk menunjukkan betapa besar rasa kasih sayang kepada Ayah yang telah berjasa besar bagi keluarga. Sejarah Hari Ayah Internasional ini sendiri bermula dari seorang perempuan bernama Sonora Smart Dodd.

Ayah Sonora membesarkan enam anak seorang diri setelah kematian ibu mereka, tidak seperti pada umumnya di mana pada zaman itu, anak-anak yang ditinggalkan ibunya diasuh oleh orang lain atau ibu tiri. Sonora terinspirasi oleh Anna Jarvis yang mendorong perayaan Hari Ibu. Ia merasa bahwa ayahnya pantas mendapatkan pengakuan atas apa yang telah dilakukannya.

Setelah mengumpulkan dukungan dengan berbagai cara, Hari Ayah diakui untuk kali pertama pada Juni 1910 di Amerika. Untuk banyak orang, sosok ayah adalah seseorang yang terus mengajarkan kita untuk menjadi orang yang lebih baik dan hebat. Sosok ayah terus mencoba untuk menjadi pemimpin keluarga yang bijaksana dan berusaha menjadi panutan yang baik terutama bagi anak-anaknya.

Begitu banyak hal telah diajarkan sekaligus diberikan ayah, terutama saat dilanda oleh pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang untuk tetap tinggal di rumah. Tidak jarang kita melihat seorang ayah sedang berbelanja di supermarket dengan melakukan video call dengan sang istri yang membantunya mencari barang yang diperlukan.

Semua itu dilakukan demi sang istri bisa tetap menemani anak, demi sang keluarga tetap sehat dan selamat di rumah. Apakah pernah terlintas dalam pikiran kamu bahwa di masa pandemi ini. Sama seperti kita, sang ayah juga bisa saja dilanda rasa bosan dan jenuh karena adanya physical distancing dan Work from Home?

Nah, di Hari Ayah Sedunia yang dirayakan pada hari ini, Minggu (21/6/2020), mari dimanfaatkan untuk menunjukkan arti seorang ayah dalam hidup kita! Mari kita rayakan ayah dengan menunjukkan betapa besar rasa kasih dan terima kasih kita kepada sang ayah. Meski belum bisa bebas keluar rumah untuk membawanya jalan-jalan. (*)

 Sumber : AyoBandung.com /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 12:07:50 WIB

    3 Dosa Besar yang Sangat Dekat dengan Keseharian Kita

    3 Dosa Besar yang Sangat Dekat dengan Keseharian Kita JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ada beragam dosa besar yang wajib dihindari seorang Muslim. Di antara dosa besar itu, ada tiga yang disebutkan dalam hadis berikut. .
  • Kamis, 26 Desember 2019 - 18:57:54 WIB

    Makna Hari Ibu di Mata Irwan Afriadi

    Makna Hari Ibu di Mata Irwan Afriadi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hari Ibu memang sudah berlalu. Namun, kasih sayangnya takkan pernah luntur sampai kapanpun. Hal itu pula yang mendasari pemuda sukses ini. Dialah Irwan Afriadi atau yang dikenal dengan Irwan Sangir.
  • Ahad, 22 Desember 2019 - 23:03:22 WIB

    'Sehari Bersama Ibu' Mendayu di Perayaan Hari Ibu

    'Sehari Bersama Ibu' Mendayu di Perayaan Hari Ibu PADANG, HARIANHALUAN.COM -- “Pas dapat kabar mama kena kanker dunia rasanya runtuh. Aku pikir kejadian seperti ini cuma ada dalam film atau novel, tapi ternyata tidak. Dunia nyata terkadang lebih dramatis” tulis Yossydevi.
  • Jumat, 08 November 2019 - 14:14:59 WIB

    Jauh Hari, Tan Malaka Sudah Bicara Radikal Lewat "Aksi Massa"

    Jauh Hari, Tan Malaka Sudah Bicara Radikal Lewat HARIANHALUAN.COM -- Penghujung tahun 2019, tepatnya sejak pelantikan Presiden, isu radikal mulai kembali banyak dibicarakan oleh para tokoh politik, agama dan budaya di Indonesia..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]