Jangan Takut Sarapan Buah, 5 Jenis Buah Ini Bisa untuk Lancarkan Usus


Ahad, 21 Juni 2020 - 19:01:29 WIB
Jangan Takut Sarapan Buah, 5 Jenis Buah Ini Bisa untuk Lancarkan Usus Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Menjaga kesehatan sistem pencernaan dapat menjadi hal yang cukup sulit. Apalagi, sistem pencernaan kita mudah terpengaruh dari makanan, olahraga, istirahat, atau kegiatan sehati-hari.

Kali ini, Okezone punya tips untuk tetap sehat tanpa harus melakukan diet yang macam-macam. Dilansir dari NDTV Food, ada beberapa pilihan makanan yang cocok untuk sarapan pagi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Mari kita simak ulasannya!

1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang sangat cocok untuk jadi sarapanmu. Pepaya membantu memperlancar sistem pencernaan setiap harinya. Ini disebabkan adanya enzim pencernaan bernama Papain.

2. Apel

Apel kaya dengan vitamin A dan C serta mineral dan potassium. Kandungan tersebut membantu menangani konstipasi dan juga menjaga kesehatan sistem pencernaan karena kaya kandungan serat.


3. Timun

Timun mengandung enzim pepsin yang membantu sistem pencernaan agar tetap lancar. Terlebih lagi, perut kerap kali mengalami asam lambung, gastritis, atau tukak lambung.

4. Pisang

Pisang sudah terkenal akan manfaatnya bagi sistem pencernaan. Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga juga penting untuk pergerakan usus. Kamu bisa memakan pisang sebagai tambahan untuk sarapanmu.

5. Campuran Madu dan Lemon

Campuran Madu dan Lemon dengan air hangat, dikenal dapat membantu sistem pencernaan dan imunitas. Meminumnya di pagi hari saat perut kosong, dapat memperlancar metabolisme dan membantu dalam proses pengurangan berat badan.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 18:16:16 WIB

    Jangan Pakai Masker Terlalu Tebal, Ini Alasannya

    Jangan Pakai Masker Terlalu Tebal, Ini Alasannya HARIANHALUAN.COM - Masker kain menjadi salah satu masker yang paling banyak diminati masyarakat. Selain modelnya yang beragam, masker kain juga termasuk masker yang dianjurkan untuk mencegah paparan virus Corona COVID-19..
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 19:55:33 WIB

    Jangan Asal Minum Madu, Begini Aturannya agar Bermanfaat untuk Kesehatan

    Jangan Asal Minum Madu, Begini Aturannya agar Bermanfaat untuk Kesehatan HARIANHALUAN.COM - Madu merupakan cairan alami yang kaya manfaat. Madu dapat diminum setiap hari, tapi tak boleh berlebihan karena tinggi gula. Berikut aturan minum madu agar bermanfaat untuk kesehatan..
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 14:02:35 WIB

    Jangan Anggap Sepele, Paru-paru OTG Bisa Rusak akibat Covid-19

    Jangan Anggap Sepele, Paru-paru OTG Bisa Rusak akibat Covid-19 HARIANHALUAN.COM – Virus corona atau COVID-19 bermanifestasi berbeda pada berbagai pasien. Beberapa mungkin hanya menderita penyakit ringan. Yang lain lebih buruk, karena mereka berjuang dengan penyakit yang lebih parah..
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 07:48:01 WIB

    Jangan Salah Paham, Kenali Fakta Penting Mengenai Selaput Dara

    Jangan Salah Paham, Kenali Fakta Penting Mengenai Selaput Dara HARIANHALUAN.COM – Vagina adalah bagian tubuh yang menarik untuk diteliti mulai dari bentuk, fungsi, hingga aromanya yang khas. Meski anatominya mudah dipahami, namun tak semua paham mengenai fungsi kerja tiap organnya te.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 14:27:33 WIB

    Jangan Kalap, Makanan Ini Bikin Lemak Numpuk di Hati

    Jangan Kalap, Makanan Ini Bikin Lemak Numpuk di Hati HARIANHALUAN.COM – Organ hati memiliki fungsi penting untuk membuang racun di tubuh. Namun, hal tersebut bisa terhambat jika organ hati mengalami gangguan termasuk lemak yang menumpuk atau perlemakan hati..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]