Protokol Kesehatan Juga Berlaku di Pasar Tradisional, Menko PMK: Jaga Jarak Jadi Masalah


Ahad, 21 Juni 2020 - 19:22:24 WIB
Protokol Kesehatan Juga Berlaku di Pasar Tradisional, Menko PMK: Jaga Jarak Jadi Masalah Pasar tradisional

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah memastikan protokol kesehatan berlaku di pasar-pasar tradisional. Hal ini untuk mencegah menyebarnya virus Corona atau Covid-19.

Oleh sebab itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy memastikan protokol kesehatan tetap berlaku di pasar tradisional. Dirinya pun mengunjungi Pasar Sederhana, Bandung, Jawa Barat.

Menurutnya, standar-standar pelayanan dan protokol kesehatan di Pasar Sederhana telah dipatuhi oleh pengelola pasar, penjual maupun pengunjung. Namun, jaga jarak antara penjual dan pembeli masih menjadi masalah di pasar tradisional.

Muhadjir meminta agar semua pihak di pasar mematuhi protokol kesehatan di pasar, termasuk jaga jarak. Hal tersebut dilakukan agar tak terjadi kasus buruk yang tidak diinginkan.

“Karena itu saya mohon kerja samanya betul dari pihak pemda pengelola para penjual maupun para pembantunya dan pengunjung yang akan membeli saya mohon untuk mematuhi protokol itu,” ujarnya mengutip setkab, Jakarta, Minggu (21/6/2020).

Menurutnya, protokol kesehatan adalah satu-satunya alat atau dasar untuk memastikan kegiatan pasar tradisional tetap bergerak. Hal ini agar tidak ada kluster-kluster baru di pasar tersebut.

"Semua kegiatan pasar tradisonal bisa bergerak seperti yang kita harapkan," ujarnya.

Turut hadir dalam rangkaian kunjungan kerja itu Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, serta para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama Kementerian dan Lembaga.(*)

 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]