Sulsel Kembali Lampaui Jatim Penyumbang Kasus Baru Corona, Ini Penyebabnya


Ahad, 21 Juni 2020 - 22:09:04 WIB
Sulsel Kembali Lampaui Jatim Penyumbang Kasus Baru Corona, Ini Penyebabnya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) secara mengejutkan terus mencatat rekor penambahan kasus baru pasien positif Covid-19 setiap harinya. Hari ini, Minggu (21/6) setidaknya ada penambahan 112 kasus baru di Sulawesi Selatan.

Angka ini satu tingkat dibawah Jakarta yang mencatat 142 kasus baru. Sedangkan Provinsi Jawa Timur berada pada peringkat ketiga dengan penambahan 91 kasus baru.

Klaster jamaah tabligh alumni ijtima ulama se-Asia di Gowa, Sulawesi Selatan menjadi salah satu penyumbang terbanyak pasien positif.

Menanggapi hal ini, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Selatan, Syafri Arif menjelaskan mengapa terdapat lonjakan kasus di provinsinya. Hal itu dampak dari upaya penelusuran yang digelar secara masif seperti tracing dan tes yang gencar di berbagai daerah.

"Ada program kita yakni trisula. Salah satunya adalah massif testing, tracing dan education," ujar Syafri dalam program iNews Special Report, Sabtu (20/6/2020).

Dia melanjutkan, massifnya testing yang dilakukan, diharapkan dapat menghasilkan pasien-pasien yang dianggap berpotensi menularkan Covid-19. Kemudian dilakukan pasien yang berpotensi itu terinfeksi Covid-19 itu dapat segera diisolasi agar memutus rantai virus corona ini.

"Tentunya kita harapkan dengan massif testing ini, kita akan mendapatkan pasien-pasien yang memang terkonfirmasi memang berpotensi untuk bisa menularkan dan kemudian kita akan isolasikan," pungkasnya.

Jumlah pasien positif Covid-19 atau virus corona di Indonesia terus meningkat. Hari ini pasien positif bertambah 862. Totalnya per hari ini, Minggu 21 Juni 2020 hingga pukul 12.00 WIB, kasus positif virus corona menjadi 45.891.

Penambahan 862 kasus baru itu berdasarkan hasil pemeriksaan 18.229 spesimen, baik melalui metode real time polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM). Total sebanyak 639.385 spesimen telah diperiksa terkait corona.(*)

 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]