Bengkel dan Labor di PNP Bisa Dipakai untuk Tugas Akhir Mahasiswa


Senin, 22 Juni 2020 - 06:04:00 WIB
Bengkel dan Labor di PNP Bisa Dipakai untuk Tugas Akhir Mahasiswa Labor di PNP.

HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) telah menetapkan pedoman New Normal (Normal Baru) dalam kegiatan perkuliahan pasca masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Padang. Beberala kegiatan di kampus kembali dibuka, seperti penggunaan laboratorium untuk Tugas Akhir (TA) bagi mahasiswa PNP.

Direktur PNP, Surfa Yondri mengatakan, mahasiswa yang sedang melaksanakan tugas akhir yang pengumpulan, pengolahan data dan penggunaan peralatannya hanya dapat dilakukan di laboratorium atau bengkel Politeknik Negeri Padang diizinkan menggunakan prasarana tersebut dengan memperhatikan protokol Covid-19.

"Dan harus berada dalam pengawasan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) atau Dosen Pembimbing," tegas Surfa Yondri dikutip dari website PNP, Senin (22/6/2020).

Terkait kehadiran, Wakil Direktur 2, Anton menegaskan, sistem piket berlaku hanya untuk tenaga administrasi, untuk PLP kehadiran mereka disesuaikan dengan jadwal perkuliahan. PLP yang hadir saat rapat berlangsung dimbau untuk melakukan pengecekan terhadap semua peralatan laboratorium sebelum dilaksanakannya praktik agar tidak terjadi kendala pada perkuliahan.

Kuliah Praktik 2930 Juli 2020

Berdasarkan Surat Edaran Nomor 6/PL9/HK/2020 Tentang Perubahan Keriga S.E. Direktur Nomor 2/ PL9/HK/2020 Tentang Tindak Lanjut Kesiapansiagaan Menghadapi Pandemi Covid-19, kuliah praktik PNP dilaksanakan pada 29 Juni-30 Juli 2020 (5 minggu) untuk Jurusan Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknik Elektro.

Untuk Jurusan Teknologi Informasi, Administrasi Niaga. Akuntansi dan Bahasa Inggris kuliah tetap dilaksanakan secara daring/ online sesuai jadwal. Ujian Akhir Semester (UAS) dapat dilaksanakan secara online dan tetap dalam pengawasan dosen yang mengaampu mata kuliah tersebut secara ketat sera dikordinasikan dengan Ketua Jurusan dan Koordinator Program Studi.

Surfa Yondri berharap agar keluarga besar Politeknik Negeri Padang bertanggung jawab dengan protokol Covid-19 di labor atau di bengkel dan tidak melalaikannya. Untuk menghindari penumpukan mahasiswa, jadwal pelaksanaan praktik ditetapkan pada 15-28 Juni 2020 dengan quota maksimal 30% dari jumlah kelas dan mahasiswa yang melaksanakan praktik.

Standar Operasional Prosedur (SOP) kegiatan pratikum, tata cara penggunaan perlatan pada masa tanggap Covid-19 disusun oleh masing-masing unit dan disampaikan ke Wakil Direktur 1 melalui Ketua Jurusan. Setiap Koordinator Prodi pun harus memperhatikan jumlah mahasiswa yang datang ke kampus agar tidak terjadi penumpukan.

"Petugas keamanan akan menerapkan aturan pencegahan Covid-19 bagi warga Politeknik Negeri Padang yang akan memasuki area kampus dan pengecekan suhu di semua gerbang pintu masuk," kata Surfa Yondri.

Terakhir Surfa Yondri mengimbau kepada seluruh mahasiswa juga perlu disampaikan jadwal praktik labor, pemakaian face shield, membawa makanan dari rumah dan perlengkapan shalat pribadi, menjaga kebersihan, dan melapor ke RT/RW di tempat tinggal bagi yang kos. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]