Berikut Vaksin Covid-19 yang Bakal Dipesan Jepang, Rusia, Brasil, dan China


Senin, 22 Juni 2020 - 07:20:05 WIB
Berikut Vaksin Covid-19 yang Bakal Dipesan Jepang, Rusia, Brasil, dan China Ilustrasi Vaksin (AP/Ted S. Warren)

HARIANHALUAN.COM - Perusahaan Farmasi Inggris Astra Zeneca menyebut calon vaksin Covid-19 yang dkembangkan dengan Universitas Oxford sedang dibidik oleh beberapa negara. Diantaranya Jepang, Rusia, Brasil dan China yang bernegosiasi untuk mendapatkan vaksin ini jika berhasil dikembangkan.

Kandidat vaksin Covid-19 ini diberi nama AZD1222. Vaksin ini masih dalam uji klinis dan jika hasil uji coba meyakinkan regulator bahwa vaksin itu aman dan efektif, pengiriman akan dimulai pada akhir tahun 2020.

Chief Executive Officer (CEO) AstraZeneca PLC, perusahaan farmasi Inggris, mengungkapkan bahwa vaksin coronavirus potensial yang tengah dikembangkan perusahaan kemungkinan akan memberikan perlindungan terhadap tertularnya virus Covid-19 selama sekitar satu tahun.

"Kami pikir itu [vaksin] akan melindungi selama sekitar satu tahun," kata CEO AstraZeneca, Pascal Soriot kepada penyiar Bel RTL, stasiun radio Belgia, dilansir CNBC International, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (22/6/2020).

"Jika semuanya berjalan dengan baik, kami akan mendapatkan hasil uji klinis pada Agustus atau September. Kami memproduksi secara paralel. Kami akan siap mengirimkan mulai Oktober jika semuanya berjalan dengan baik," kata Soriot.

Sebelumnya, manajemen AstraZeneca menegaskan berencana memproduksi 2 miliar dosis vaksin virus corona (Covid-19), termasuk 400 juta untuk AS dan Inggris, serta 1 miliar untuk masyarakat di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Melalui telepon kepada CNBC International, Soriot mengatakan perusahaan berencana mulai mendistribusikan vaksin ke AS dan Inggris pada September atau Oktober mendatang, dengan kesiapan pengiriman secara stabil pada awal 2021.

AstraZeneca mengatakan telah menandatangani perjanjian lisensi dengan Serum Institute of India untuk mengirim 1 miliar dosis kepada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, di mana 400 juta di antaranya akan dikirimkan pada akhir tahun 2020. (*)

 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]