Benarkah Rutin Minum Teh Bikin Panjang Umur? Ini Kata Peneliti


Senin, 22 Juni 2020 - 07:40:04 WIB
Benarkah Rutin Minum Teh Bikin Panjang Umur? Ini Kata Peneliti Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Teh dikenal sebagai minuman yang kaya manfaat kesehatan. Sebuah studi mengungkapkan, dengan rutin mengkonsumsi teh dapat membuat hidup lebih lama atau panjang umur. Apa benar?.

Dilansir dari Okezone.com, Senin (22/6/2020), dari NDTV Food, teh adalah minuman yang sering diminum di kala santai. Karena di saat minun teh dapat menenangkan dan memuaskan hati.

Manfaat dan keterbatasan kesehatannya telah menjadi bahan perdebatan selama beberapa tahun belakangan. Namun, penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology mengatakan, meminum teh dapat mendapat kehidupan yang lebih sehat dan lebih lama.

Penelitian ini melibatkan lebih dari seratus ribu orang dewasa China, tanpa riwayat serangan jantung, stroke atau kanker. Peserta diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu peminum teh rutin (tiga kali atau lebih seminggu), dan peminum teh non-rutin (kurang dari tiga kali seminggu).

Analisis sampai pada kesimpulan bahwa peserta studi berusia 50 tahun yang merupakan peminum teh rutin kecil risikonya mengalami penyakit jantung koroner dan stroke, dibandingkan orang yang tidak minum teh.

Selain itu, kejadian penyakit jantung dan stroke adalah 20% lebih rendah pada orang yang terbiasa mengonsumsi teh. Ada juga penurunan risiko 15% dari semua penyebab kematian di antara mereka.

Sementara itu, jenis teh yang paling baik untuj menjaga kesehatan adalah teh hijau. Jenis teh ini memiliki efek perlindungan yang menonjol dari teh lain.

"Teh hijau mengandung polifenol. Dengan demikian, asupan teh sering lebih lama periode mungkin diperlukan untuk efek perlindungan kardio," tambah penulis senior penelitian, Dongfeng Gu. (*)

 Sumber : Okezone.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 Juli 2020 - 11:46:51 WIB

    Benarkah Anak-Anak Lebih Kuat Hadapi Serangan Virus Corona COVID-19?

    Benarkah Anak-Anak Lebih Kuat Hadapi Serangan Virus Corona COVID-19? HARIANHALUAN.COM - Laporan DW Indonesia yang dikutip Jumat (3/7/2020) menyebut, dalam pandemi Corona jenis baru yang terjadi di Jerman misalnya, statistik menunjukkan, dari sekitar 9.000 kasus meninggal sejak pecahnya wabah, .
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 19:28:55 WIB

    Sayur Bayam Bisa Sebabkan Asam Urat, Benarkah?

    Sayur Bayam Bisa Sebabkan Asam Urat, Benarkah? HARIANHALUAN.COM – Sayur bayam termasuk bahan makanan yang mengandung zat besi tinggi. Melansir Health Line, sekitar 3,5 ons (100 gram) bayam mentah bisa mengandung 2,7 mg zat besi, yang merupakan 15 persen kebutuhan zat .
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 09:33:31 WIB

    Makin Banyak Pria 'Tak Perkasa' Gara-gara Wabah Corona, Benarkah?

    Makin Banyak Pria 'Tak Perkasa' Gara-gara Wabah Corona, Benarkah? HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus Corona COVID-19 memberikan dampak yang sangat luas, baik langsung maupun tidak langsung. Pemberlakuan lockdown dan berbagai pembatasan lain di berbagai belahan dunia juga berdampak pada kehidu.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 07:42:58 WIB

    Gula Kelapa Lebih Sehat daripada Gula Pasir, Benarkah?

    Gula Kelapa Lebih Sehat daripada Gula Pasir, Benarkah? HARIANHALUAN.COM - Gula, meskipun rasanya enak, namun tidak baik untuk kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Meski begitu, ada alternatif yang lebih baik untuk memberi rasa manis pada makanan dan minuman..
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 08:18:52 WIB

    Benarkah Serumah dengan Pasien Covid-19 Beresiko Tinggi Terinfeksi?

    Benarkah Serumah dengan Pasien Covid-19 Beresiko Tinggi Terinfeksi? HARIANHALUAN.COM - Virus corona memang menular melalui droplet atau percikan ludah yang mengandung virus. Itulah mengapa kontak dekat dengan penderita berisiko tinggi terinfeksi. Biasanya satu anggota keluarga yang terinfeksi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]