Aktif Memutus Mata Rantai, Haryadi Malah Dinyatakan Positif Covid-19


Senin, 22 Juni 2020 - 11:16:57 WIB
Aktif Memutus Mata Rantai, Haryadi Malah Dinyatakan Positif Covid-19 Kepala BLK Lubuksikaping, Haryadi tampak memasangkan masker kepada warga saat bagi bagi masker ke pasar-pasar tradisional di Pasaman. 

HARIANHALUAN.COM - Haryadi (37), salah satu dari tiga pasien terkonfirmasi positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Pasaman, mengaku sedih, setelah dirinya yang sehari hari bekerja sebabai Kepala BLK Lubuksikaping dinyatakan terpapar virus dari Wuhan, China itu. 

Hasil positif terinfeksi Covid 19 ini diketahui setelah keluarnya hasil pemeriksaan laboratorium pusat diagnostik dan riset penyakit infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang, minggu (21/6/2020).

Kepada Haluan Media Group (HMG), Haryadi mengatakan, ia dinyatakan positif terinfeksi virus corona setelah mengikuti Swab test di Puskesmas Sundatar, Lubuksikaping yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Kamis (18/6/2020).

"Saya juga tidak menduga hasilnya bakal seperti itu, meski tidak ada mengalami gejala dan kondisi sehat sehat saja dan fisik dalam keadaan bugar," ujar Haryadi, Senin (22/6/2020).

Sebelum dinyatakan positif terinfeksi virus corona, Haryadi yang sehari harinya sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuksikaping ini ikut berperan aktif bekerja memutus mata rantai Covid 19 di Kabupaten Pasaman.

Melalui aksi sosialisasi pola hidup sehat dengan mengedukasi warga memakai masker, bahkan tidak melalui belakang meja saja, melalui peran aktif turun ke pasar-pasar Haryadi ikut aktif terjun langsung ke pasar-pasar tradisional.
Dengan dinyatakan positif terinfeksi Covid 19, kini Haryadi harus mengikuti isolasi secara mandiri di rumahnya.

"Ya, kita harus menghormati hasil test ini, meskipun tidak mengalami gejala gejala apapun," ujar Haryadi.

Menurut Haryadi, setelah dirinya dinyatakan Covid, dia menghormati dan mematuhi aturan dan ketentuan protokol penanganan pasien Covid.


"Tidak usah dirawat di RS, isolasi mandiri saja di rumah, kalaupun ada kendala atau dirasakan ada yang sakit, segera dilaporkan ke tema-teman kesehatan," sebut Haryadi. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]