KPU Sumbar Gelar Sosialiasi Virtual dengan Sejumlah Parpol dan Stakeholder


Senin, 22 Juni 2020 - 14:40:11 WIB
KPU Sumbar Gelar Sosialiasi Virtual dengan Sejumlah Parpol dan Stakeholder KPU Sumbar Gelar Sosialiasi Virtual dengan Sejumlah Parpol

HARIANHALUAN.COM - Dalam masa pelaksanaan tahapan Pilkada 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat gelar diskusi zoom meeting atau virtual. Itu merupakan bentuk sosialiasi, bentuk dari dari peraturan KPU No.5/2020.

Zoom meeting tersebut dimoderatori oleh Kabag Humas dan partisipan masyarakat Aan Wuryanto. Selain itu, sosialisasi virtual juga melibatkan partai politik, akademisi dan sejumlah wartawan.

Setelah sosialisasi dibuka oleh ketua KPU, selanjutnya pelaksaan sosialiasi dipimpin oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Gebril Daulay dan Ketua Divisi Tekhnis Penyelenggaraan Pemilu Izwaryani.

"Dalam segi pendidikan pada perhelatan Pilkada 2020, untuk petugas PPK dan PPS saat ini mayoritas sudah berpendidikan S1 sampai S2, ujar ketua Partisipasi Masyarakat dan SDM Gebril Daulay, Senin (22/6/2020).

Beberapa hal perubahan juga terjadi pada pelaksanaan tahapan Pilkada, mengingat hingga kini Sumbar pada khimususnya masih dalam masa pandemi dan harus menjalankan protokol kesehatan.

"Perubahan itu seperti tahapan kampanye tatap muka ditiadakan diganti dengan virtual, verifikasi faktual dari 30 hari dipotong menjadi 14 hari dan PPDP menjadi 14 hari," ungkap Gabriel.

Sementara Ketua Divisi Tekhnis Penyelenggaraan Pemilu Izwaryani, berharap semua pihak bisa menerima perubahan ini, karena menyangkut kesehatan secara pribadi maupun orang lain di sekitar.

"Perlu diutamakan kesehatan. Pelaksanaan Pilkada sukses dan kesehatan kita juga terjaga," tukasnya.

Khusus untuk verifikasi faktual, kata dia, KPU bisa juga melakukan video call, pada konstituen yang tidak bisa ditemui pada hari tersebut. Diminta kepada tim calon perseorangan  agar bisa menghubungi pihak para pendukungnya.

"Hal itu dilakukan supaya tidak ada kendala saat dihungungi untuk verifikasi," tutupnya.

Teks Foto: Sosialisasi Virtual KPU Sumbar dengan akademisi, partai politik dan sejumlah wartawan.
 

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]