Komplotan Pembobol ATM Dibekuk, Lima Tersangka Berhasil Raup Uang Puluhan Juta


Senin, 22 Juni 2020 - 16:23:55 WIB
Komplotan Pembobol ATM Dibekuk, Lima Tersangka Berhasil Raup Uang Puluhan Juta Lima tersangka pembobol ATM

HARIANHALUAN.COM - Pertualangan Komplotan pembobol ATM lintas Provinsi Sumbar akhirnya berakhir di Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan oleh jajaran Polsek Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (19/6/2020) lalu.

Setelah dibekuk, komplotan yang terdiri dari lima orang itu kemudian dilimpahkan ke Polresta Padang untuk pemrosesan hukumnya. Kini, kelima tersangka telah disel kan di sel tahanan Mapolresta Padang.

Kelima tersangka yakni Mirza berperan sebagai masuk ke target (ATM) untuk dibobol, tersangka Wasis mengawasi orang dari dalam ATM, tersangak Candra dan Ahmat menunggu di mobil dan Imron sebagai sopir.

Kasat Reskrim Polresta Padang, Rico Fernanda mengatakan, salah seorang pelaku bernama Mirzani mengaku telah berhasil membobol sejumlah ATM dibeberapa lokasi bersama dengan rekan-rekannya.

"Para pelaku berhasil membobol dan mengambil uang satu ATM BNI di Kota Bandar Lampung senilai Rp3,7 juta, lima ATM BRI di Bukittinggi senilai Rp10 juta dan satu ATM BRI Syariah senilai Rp4 juta rupiah," ujar Rico, Senin (22/6/2020).

Untuk motifnya, kata dia, pelaku mengaku belajar dari youtube, dengan hanya bermodalkan kartu ATM dan obeng. Awalnya pelaku matikann saklar, ambil uang seperti biasa menggunakan ATM Mandiri dan saat mesin sedang menghitung, pintu uang keluar, kemudian ditahan menggunakan obeng dan tangan mengambil uang sehingga mesin seakan-akan batal.

"Berdasarkan keterangannya, para pelaku berhasil mengambil uang sebesar Rp1,2 juta dalam satu kali penarikan. Sementara total uang yang telah berhasil diambilnya sebanyak Rp22.750.000," sambung Rico.

Sementara barang bukti (BB), kata Rico, telah disita berupa uang tunai sebesar Rp4,7 juta, telepon genggam, baju, sepatu dan peralatan lainnya. Selanjutnya akan dilakukan penyelidikan atas kasus tersebut.

"Untuk para tersangka, dijerat sebagaimana diatur dalam pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pudana penjara hingga 7 tahun penjara. Saat ini kasus pembobolan ATM masih terus diselidiki," tandasnya. (*)

 

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]