Ini Ternyata Motif Pembunuhan yang Dilakukan Kelompok John Kei


Senin, 22 Juni 2020 - 19:20:37 WIB
Ini Ternyata Motif Pembunuhan yang Dilakukan Kelompok John Kei John Kei dan kawanannya saat press rilis penangkapan Polda Metro Jaya.

HARIANHALUAN.COM - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana menyebut motif pembunuhan yang dilakukan kelompok John Kei terhadap Nus Kei karena perselisihan pembagian hasil penjualan tanah. John Kei dan Nus Kei masih keluarga. Persoalan muncul karena ketidakpuasan John Kei terhadap Nus Kei terkait hasil pembagian penjualan tanah.

Kelompok John Kei meneror Nus Kei dan kelompoknya dengan aksi penembakan di perumahan Green Lake City, Tangerang, Minggu (22/6/2020) siang. Kemudian, kelompok John Kei ditangkap di Perumahan Tytyan Indah, Kali Baru, Medan Satria, Kota Bekasi, Minggu (21/6/2020) malam.

Polda Metro Jaya telah mengamankan 30 terduga pelaku, termasuk John Kei. "Ini persoalan pribadi antara kedua pihak tidak mendapatkan titik temu, hingga berlanjut aksi saling ancam melalui handphone dan berlanjut aksi pembunuhan," kata Nana di Polda Metro Jaya, Senin (22/6/2020).

Sementara, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham akan mencabut status bebas bersyarat Jhon Refa alias John Kei jika terbukti terlibat kasus penembakan di Perumahan Green Lake City, Tangerang. John Kei bebas bersyarat dari Lapas Nusakambangan pada 26 Desember 2019, berdasarkan SK Menteri Hukum dan HAM RI nomor Pas-1502.PK.01.04.06 tahun 2019 tertanggal 23 Desember 2019.

John Kei mendapat remisi 36 bulan 30 hari. Kemudian bebas bersyarat pada 26 Desember 2019. John Kei divonis 12 tahun penjara 27 Desember 2012 dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Tan Harry Tantono alias Ayung. Setelah banding, MA memperberat hukumannya menjadi 16 tahun.

"Kalau terbukti melakukan kesalahan lagi, pembebasan bersyarat akan ditarik dan akan menjalani sisa pidananya di Lapas," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti dikutip RRI, Senin (22/6/2020).

Dijelaskan Rika, alasan memberikan bebas bersyarat kepada Jhon Kei karena telah menjalani dua pertiga masa hukuman. Selama di Lapas berkelakuan baik. Ditjen PAS masih menunggu hasil pemeriksaan dari aparat kepolisian. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]