Pantau Irigasi Tersumbat, Wali Kota Pariaman Tekankan Swasembada Beras


Senin, 22 Juni 2020 - 23:26:44 WIB
Pantau Irigasi Tersumbat, Wali Kota Pariaman Tekankan Swasembada Beras Walikota Pariaman, Genius Umar ketika meninjau saluran irigasi di Desa Marunggi.

HARIANHALUAN.COM - Walikota Pariaman Genius Umar meninjau kondisi saluran irigasi di Desa Taluak dan Desa Marunggi, Kecamatan Pariaman Selatan, Senin (22/6/2020). Saluran air di persawahan dan ladang rumbio milik warga Desa Marunggi terlihat kondisinya dalam keadaan tersumbat. 

Saluran irigasi yang tersumbat itu akibat sampah ranting kayu yang menumpuk, sehingga pengairan air ke hilirnya terganggu. Terkait hal itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (PPP) bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Pertanahan Kota Pariaman akan melakukan kegiatan padat karya. 

Kegiatan ini melibatkan masyarakat sekitar untuk membersihkan saluran irigasi tersebut lebih kurang sepanjang 800 meter dari Desa Taluak ke Desa Marunggi. "Saluran irigasi harus bersih sehingga pengairan air untuk sawah dan tanaman lainya lancar dan tak kekurangan sehingga tanaman menjadi subur," kata Walikota.

Dengan padat karya yang akan dilakukan, diharap dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di Kecamatan Pariaman Selatan yang menganggur. Selain itu, kegiatan yang dilakukan tentu dapat lebih menumbuhkan rasa tanggungjawab masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya. 

"Kota Pariaman swamsembada beras, jadi jaga dengan baik saluran irigasi yang ada, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal dan pemerintah desa sebagai koordinasi terhadap kelompok-kelompok tani di wilayah kerjanya peranya tetap diminta untuk hal tersebut," tutup Wali Kota. (*)

Reporter : Trisnaldi /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]