Penurunan Stunting di Pasaman Barat Perlu Sinergitas


Senin, 22 Juni 2020 - 23:40:48 WIB
Penurunan Stunting di Pasaman Barat Perlu Sinergitas Tim dari Diskominfo Sumbar mengunjungi Diskominfo Pasaman Barat.

HARIANHALUAN.COM - Dalam Rangka percepatan penurunan angka stunting di Sumatera Barat, khususnya Pasaman Barat yang termasuk salah satu kabupaten penyandang tertinggi angka stunting, Diskominfo Sumbar lakukan koordinasi terkait sinergitas program dan kegiatan percepatan penurunan angka stunting Pasaman Barat.

Kepala Dinas Kominfo Pasaman Barat yang diwakili oleh Sekretaris Kominfo Ade Irwan yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/6/2020) mengatakan, bahwa Pemkab Pasbar di bawah koordinasi Badan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DP2KB), Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo telah melaksanakan program dan kegiatan strategis untuk menekan angka stunting tersebut. 

"Sosialisasi di berbagai media, baik elektronik maupun media massa dan pemberian makanan yang bergizi adalah termasuk program dan kegiatan untuk memperkecil angka stunting," jelas Ade. 

Menurut data dari Dinas Kesehatan Pasaman Barat, angka stunting terparah adalah di Kecamatan Ranah Batahan dan Kecamatan Koto Balingka. Pada tahun 2020, angka stunting di Kabupaten Pasaman Barat turun 10,6 %, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tapi penurunan tersebut masih bisa ditekan mencapai zero stunting.

"Semua itu butuh dukungan dari Pemerintah Provinsi dan Daerah dari sisi anggarannya dan program-program yang lebih strategis," tambah Ade. 

Sementara itu, Kepala Diskominfo Sumbar yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik Defi Astina berharap terkait penurunan angka stunting, agar peran Kominfo di Kabupaten dan Kota dapat menjalankan tupoksinya dengan optimal sebagai institusi menyebarluaskan informasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

Ke depannya diharapkan sinergitas antara Diskominfo Provinsi dengan Kabupaten dan Kota dapat terjalin lebih baik agar program-program strategis antara Kominfo Provinsi dengan Kabupaten dan Kota dapat terwujud. (*)

Reporter : Fadli /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 01 April 2016 - 03:45:55 WIB
    Sikapi Penurunan Harga BBM

    Dishubkominfo Diminta Kontrol Penurunan Tarif Angkutan

    PASAMAN, HALUAN — Me­nyikapi kebijakan Pemerintah Pusat yang menurunkan harga BBM bersubsidi per 1 april 2016 sebesar Rp500 per liter, mendorong Pemerintah Ka­bupaten Pasaman untuk me­nyi­kapi untuk mengontrol pe­nurun.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]