Kegiatan Sederhana Ini Bisa jadi Terapi untuk Hilangkan Stres


Selasa, 23 Juni 2020 - 07:22:47 WIB
Kegiatan Sederhana Ini Bisa jadi Terapi untuk Hilangkan Stres Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Secangkir kopi di pagi hari, hingga membuka media sosial di malam hari sebelum tidur mungkin dapat menjadi salah satu cara menghilangkan stress. Tak terkecuali dengan menonton acara realitas di televisi yang Anda sempatkan setiap harinya meski hanya selama satu jam.

Tetapi, seberapa sering Anda menyisihkan waktu untuk melakukan kegiatan yang menghilangkan stress tersebut. Bahkan, meski hanya sebentar, terkadang seseorang kesulitan meluangkan waktu setiap harinya karena berbagai alasan.

Bagaimanapun, kegiatan yang membuat Anda bisa merasa santai dan menghilangkan stress dari aktivitas yang dilakukan sehari-hari harus dilakukan. Dilansir Lives Strong, Selasa (22/6), cobalah untuk melakukan apa yang juga bisa disebut sebagai 'terapi harian' meski hanya selama lima menit seperti berikut :

Pikiran Baru
Cobalah untuk membayangkan bahwa Anda sedang berada dalam sebuah pikiran yang benar-benar baru. Ini adalah salah satu praktek yang disebut 'mindfulness' dan diyakini bisa membantu Anda merasa tenang.

"Berpura-puralah bahwa Anda adalah alien atau orang asing yang datang ke Bumi untuk pertama kali atau bayangkan saat Anda diminta untuk mendeskripsikan sesuatu yang belum pernah Anda lihat sebelumnya," ujar Milica Popovic, seorang terapis trauma di Compass Health Center di Chicago, Amerika Serikat (AS).

Menyerukan perhatian yang begitu cermat pada perincian pengaturan dan benda-benda di sekitar Anda dapat membantu menjauhkan pikiran Anda dari tekanan yang Anda rasakan. Pada akhirnya, ini dapat membantu Anda merasa lebih membumi di saat saat ini, katanya.

Jadwalkan Waktu Luang
Mengatur waktu luang dapat membantu Anda menghilangkan stres. Meski hanya di pagi atau malam hari, secara aktif menjadwalkan ini adalah kebiasaan yang baik.

Seperti halnya Anda mengatur pertemuan di kalender atau telepon, sertakan waktu luang ini untuk memikirkan apa pun yang membuat Anda santai. Aimee Daramus, seorang psikolog mengatakan selalu melaungkan sedikit waktu, bahkan sekalipun itu hanya untuk melakukan kegiatan tidak jelas seperti memikirkan sesuatu apapun yang sedang diinginkan.

"ini menyenangkan dan mengingatkan saya bahwa waktu non-produktif sekalipun masih menjadi waktu yang kreatif dan berharga," jelas Daramus.


Aktivitas 5-4-3-2-1
Ketika merasa kewalahan dalam sesaat, Popovic melangkah pergi dan menempatkan diri dengan teknik mental 5-4-3-2-1. Pertama, menjauhlah dari laptop, ponsel, atau apa pun yang mungkin menyebabkan Anda stres.
Tarik napas panjang dan sebutkan lima hal yang Anda lihat di sekitar Anda. Kemudian, buat daftar dan letakkan tangan di empat hal yang dapat Anda sentuh. Berhentilah dan sebutkan tiga hal yang dapat Anda dengar. Sebutkan dua hal yang dapat Anda cium.  Terakhir, catat satu hal yang bisa Anda cicipi meskipun itu hanya aroma kopi Anda sendiri.


Lakukan Olahraga Kecil
Baik Popovic maupun Daramus merekomendasikan serangkaian aktivitas yang memaksa Anda fokus pada tugas yang sedang dihadapi. Sementara Daramus menyukai sesi kardio berenergi tinggi setelah seharian bekerja untuk mengeluarkan tenaga, bahkan meski hanya lima menit berolahraga dapat membantu Anda kembali fokus.


Latihan Pernapasan
Popovic melakukan latihan pernapasan yang bertujuan memanfaatkan napas sebagai cara membantu memperlambat detak jantung dalam upaya memberi sinyal kepada otak bahwa terlepas dari ketakutan, stres, dan cemas, sebenarnya segala sesuatu baik-baik saja. Jika Anda menyukai latihan pernapasan yang lebih teratur, cobalah cara ini.

Pertama tarik napas selama empat hitungan, tahan selama empat hitungan, buang napas selama empat hitungan, dan tahan. Ulangi  urutan ini selama beberapa menit dan fokus untuk memperlambat detak jantung Anda dan menjernihkan pikiran Anda.

Ada juga yang sebagai pernapasan warna, yang dapat menghirup warna-warna yang menenangkan dan mengembuskan warna-warna yang menyusahkan. Bayangkan warna yang memberi Anda rasa tenang sejelas mungkin. Saat Anda mengeluarkan napas, keluarkan corak dan nada yang menurut Anda tidak menarik.

Habiskan Waktu Bersama Hewan Peliharaan
Setiap pagi, Daramus mencurahkan beberapa menit yang berkualitas, dengan memberi kucingnya sentuhan lembut.
Meskipun Anda harus memberi perhatian pada hewan peliharaan sepanjang hari, menjadwalkan waktu bermain yang disengaja selama lima menit akan membantu Anda memusatkan perhatian pada sesuatu selain emosi Anda.

Mengelus hewan bahkan mungkin memiliki beberapa manfaat fisiologis. Setelah 10 menit bermain dengan kucing atau anjing, siswa dalam sebuah penelitian pada Juni 2019 mengalami penurunan stres sesaat dan tingkat yang lebih rendah dalam hormon stres kortisol daripada siswa yang hanya menonton tayangan foto binatang lucu dalam slide di komputer.(*)

 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]