Mulai Tahun Ini, Imam Masjid Raya di Pessel Dapat Honor Rp 4 Juta Per Bulan


Selasa, 23 Juni 2020 - 09:41:49 WIB
Mulai Tahun Ini, Imam Masjid Raya di Pessel Dapat Honor Rp 4 Juta Per Bulan Calon imam masjid raya di Kabupaten Pessel saat mengikuti seleksi. Sumber: Instagram @pessel_info

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan mulai tahun ini akan memberikan tunjangan untuk imam besar masjid di tiap-tiap kecamatan sebesar Rp4 juta per bulan. Honor tersebut sudah termasuk tunjangan perumahan dan kesehatan.

Bupati Kabupaten Pessel, Hendrajoni saat dikutip dari akun Instagram @pessel_info, Selasa (23/6) mengatakan saat ini pemkab Pessel sedang melakukan seleksi di beberapa kecamatan. Seleksi tersebut meliputi ujian tertulis bagi imam masjid.

 “Setiap kecamatan ada satu masjid besar (raya) yang imamnya diberi honor. Saat ini kita sedang melakukan seleksi lagi untuk beberapa kecamatan,” kata Hendrajoni.

Ia menjelaskan untuk ditetapkan sebagai imam besar masjid raya harus memenuhi beberapa persyaratan, salah satunya harus hafiz Quran minimal 5 juz. Tak hanya itu imam masjid juga harus mengikuti seleksi administrasi dan tes tertulis.

Menurut Hendrajoni, kebijakan memberikan honor imam masjid merupakan aplikasi dari visi dan misi bupati dan wakil bupati periode 2016-2021, yaitu Mandiri, Unggul, Agamis dan Sejahtera. 

“Pengangkatan imam masjid di tiap-tiap kecamatan merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan Pesisir Selatan yang agamis,” terangnya.

Untuk menetapkan masjid besar di tiap-tiap kecamatan diserahkan kepada pihak kecamatan. Kabag Kesra Setdakab Pessel, Yolli Aang S menjelaskan seleksi lanjutan ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 21-22 Juni 2020. 

Selain wawancara Al Hafiz, praktik salat, khotbah dan azan, materi uji seleksi ini juga meliputi manajemen masjid, sosial kemasyarakatan dan pengetahuan agama Islam. Tim seleksi juga melibatkan akademisi, tokoh masyarakat dan pemerintah sebagai anggota penguji. 

Pada tes tersebut terdapat 19 orang yang sedang mengikuti proses seleksi yang diadakan di Masjid Akbar Baiturrahman. Ditambahkan, pengangkatan satu imam masjid di tiap-tiap kecamatan diharapkan juga diikuti oleh pemerintah nagari dengan mengangkat satu nagari satu imam masjid.

“Salah satu kegiatan mereka nanti adalah membina anak kemenakan kita untuk menjadi tahfiz Al-Quran di wilayah kerjanya,” tutupnya.(*)
 

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : Instagram @pessel_info /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]