IAIN Batusangkar Terapkan Kurikulum KKNI Berbasis Merdeka Belajar


Selasa, 23 Juni 2020 - 10:18:50 WIB
IAIN Batusangkar Terapkan Kurikulum KKNI Berbasis Merdeka Belajar Kampus IAIN Batusangkar

HARIANHALUAN.COM - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar siap menyambut tantangan baru untuk menjadi IAIN pertama yang melaunching serta menerapkan kampus merdeka di Indonesia.

"Kita telah merampungkan kurikulum KKNI berbasis merdeka belajar dan segera menerapkannya bagi mahasiswa di pertengahan tahun ini," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Desmita, kepada HarianHaluan.Com, Selasa (23/6), di Batusangkar.

Baca Juga : Kabar Duka! Istri Rektor ITP Meninggal Dunia

Warek Desmita juga menyebutkan, saat opening speech sekaligus membuka secara resmi kegiatan webinar nasional kampus merdeka secara online dari kampus itu yang disiarkan melalui zoom cloud meeting kemarin, menyadari banyak persoalan dan tantangan baru yang tercipta dalam penerapan kampus merdeka dan merdeka belajar.

"Dibutuhkan beberapa kebijakan negara maupun kebijakan internal masing-masing perguruan tinggi untuk mengeksekusi atau menerapkan kampus merdeka dan merdeka belajar," ujar Desmita.

Baca Juga : Perguruan Thawalib Buka Penerimaan Santri Baru sampai Mei 2021

Sebagai bukti kesiapan IAIN melaunching merdeka belajar, tahap pertama ini khusus untuk Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebagai pilot proyek dan diharapkan akan diikuti secara maksimal oleh fakultas lain di lingkungan IAIN Batusangkar, katanya.

Dekan FTIK IAIN Batusangkar, Sirajul Munir juga mengatakan, FTIK segera merespon dan menindaklanjuti arah kebijakan pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan yang menggagas kebijakan kampus merdeka sejak 20 Januari lalu, atas dasar itu sebelum ini mahasiswa FTIK  telah beberapa kali menggelar kegiatan serupa dengan tinjauan yang berbeda dan kali ini segera dilaunching Rektor sekaligus mengangkat seminar nasional secara online.(*)

Reporter : Feri Maulana | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]