IAIN Batusangkar Terapkan Kurikulum KKNI Berbasis Merdeka Belajar


Selasa, 23 Juni 2020 - 10:18:50 WIB
IAIN Batusangkar Terapkan Kurikulum KKNI Berbasis Merdeka Belajar Kampus IAIN Batusangkar

HARIANHALUAN.COM - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar siap menyambut tantangan baru untuk menjadi IAIN pertama yang melaunching serta menerapkan kampus merdeka di Indonesia.

"Kita telah merampungkan kurikulum KKNI berbasis merdeka belajar dan segera menerapkannya bagi mahasiswa di pertengahan tahun ini," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Desmita, kepada HarianHaluan.Com, Selasa (23/6), di Batusangkar.

Warek Desmita juga menyebutkan, saat opening speech sekaligus membuka secara resmi kegiatan webinar nasional kampus merdeka secara online dari kampus itu yang disiarkan melalui zoom cloud meeting kemarin, menyadari banyak persoalan dan tantangan baru yang tercipta dalam penerapan kampus merdeka dan merdeka belajar.

"Dibutuhkan beberapa kebijakan negara maupun kebijakan internal masing-masing perguruan tinggi untuk mengeksekusi atau menerapkan kampus merdeka dan merdeka belajar," ujar Desmita.

Sebagai bukti kesiapan IAIN melaunching merdeka belajar, tahap pertama ini khusus untuk Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebagai pilot proyek dan diharapkan akan diikuti secara maksimal oleh fakultas lain di lingkungan IAIN Batusangkar, katanya.

Dekan FTIK IAIN Batusangkar, Sirajul Munir juga mengatakan, FTIK segera merespon dan menindaklanjuti arah kebijakan pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan yang menggagas kebijakan kampus merdeka sejak 20 Januari lalu, atas dasar itu sebelum ini mahasiswa FTIK  telah beberapa kali menggelar kegiatan serupa dengan tinjauan yang berbeda dan kali ini segera dilaunching Rektor sekaligus mengangkat seminar nasional secara online.(*)

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 20:15:01 WIB

    IAIN Bukittinggi Dijadikan Lokasi Ujian Tes CPNS

    IAIN Bukittinggi Dijadikan Lokasi Ujian Tes CPNS AGAM, HARIANHALUAN.COM -- IAIN Bukittinggi kembali mendapatkan kepercayaan dari  Badan Kepagawaian Nasional (BKN) dan Kementrian Agama RI sebagai lokasi penyelenggaraan ujian  Computer Assisted Test (CAT) Seleksi Kompetensi.
  • Senin, 02 Maret 2020 - 15:07:38 WIB

    Dana SBSN Kembali Digunakan untuk Pembangunan IAIN Batusangkar

    Dana SBSN Kembali Digunakan untuk Pembangunan IAIN Batusangkar TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Untuk kali ketiga Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) membiayai pembangunan gedung di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Kali ini dana SBSN untuk pembangunan auditorium dan pusat .
  • Senin, 21 Oktober 2019 - 14:33:38 WIB

    Dosen IAIN Batusangkar Lakukan Analisis Persoalan Daerah

    Dosen IAIN Batusangkar Lakukan Analisis Persoalan Daerah TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Dosen IAIN Batusangkar menganalisis persoalan daerah saat menghadiri undangannya sebagai pembanding makalah pada Expose dari Lembaga Survey Liberte Institute, di Pagaruyung Hotel..
  • Jumat, 11 Oktober 2019 - 19:55:13 WIB

    Pascasarjana IAIN Batusangkar  Siap Gelar BIC IV 

    Pascasarjana IAIN Batusangkar  Siap Gelar BIC IV  TANAH DATAR,HARIANHALUAN.COM-Batusangkar International Conference (BIC) IV digelar Pascasarjana IAIN Batusangkar pada 14 dan 15 Oktober mendatang, agenda itu akan mengkaji peradaban Islam modern era digitalisasi..
  • Kamis, 25 Juli 2019 - 17:01:09 WIB

    Mahasiswa KKN ISI Padang Panjang-IAIN Bukitinggi Bakal Adakan Pagelaran Seni di Pasbar

    Mahasiswa KKN  ISI Padang Panjang-IAIN Bukitinggi Bakal Adakan Pagelaran Seni di Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang dan IAIN Bukitinggi bekerjasama dengan Persatuan Pemuda Pemudi Simpang Tigo Alin (Popesta) Nagari Muara Kiawai.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]