Fenomena Kabut Debu Bakal Terjang AS Pekan Ini, Matahari Terbit dan Terbenam Penuh Warna


Selasa, 23 Juni 2020 - 11:44:00 WIB
Fenomena Kabut Debu Bakal Terjang AS Pekan Ini, Matahari Terbit dan Terbenam Penuh Warna Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Fenomena kabut debu yang bergerak dari Afrika melintasi Samudra Atlantik menuju Amerika Serikat dinamakan “Saharan Dust Plume”. Fenomena tersebut diperkirakan mendarat pekan ini di seluruh negara bagian AS bagian tenggara, dikutip Forbes.

Fenomena tersebut membuat langit tampak berkabut, seperti awan kelabu tebal di atas daratan dan membuat matahari terbenam tampak lebih jelas.

Debu itu dinamakan Saharan Air Layer (SAL). Fenomena itu merupakan massa udara kering dan berdebu yang terbentuk di Gurun Sahara pada musim semi, musim panas, dan awal musim gugur serta bergerak di atas Atlantik Utara yang tropis, menurut National Ocean and Atmospheric Administration AS.

Gumpalan debu dari Sahara adalah normal untuk sepanjang tahun ini. Meskipun demikian, fenomena yang dimulai di Afrika barat akhir pekan lalu menjadikan berita utama sebagai salah satu yang paling ekstrem dalam sejarah baru-baru ini.

Fenomena tersebut tampak jauh lebih jelas dalam citra satelit daripada yang lain karena ukurannya yang besar, CBS melaporkan.

Kabut debut itu diperkirakan akan mengenai Teluk Meksiko dan bagian-bagian AS, termasuk Texas dan Florida, mulai Rabu setelah melonjak melintasi Samudra Atlantik dan Laut Karibia akhir pekan lalu.

Fenomena ini akan membuat matahari terbit dan matahari terbenam penuh warna, menurut National Weather Service, serta langit yang berkabut. (*)

 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 21:21:54 WIB

    Fenomena Aneh, Jutaan Belalang Gurun Muncul di India

    Fenomena Aneh, Jutaan Belalang Gurun Muncul di India HARIANHALUAN.COM -- Jutaan belalang gurun menghancurkan tanaman di negara bagian India barat dan tengah, Selasa (26/5) waktu setempat. Munculnya kawanan serangga itu mendorong pihak berwenang untuk meningkatkan respons terha.
  • Rabu, 13 November 2019 - 10:53:52 WIB

    Viral!! Ikan Berwajah Manusia Muncul di Danau China, Fenomena Pareidolia?

    Viral!! Ikan Berwajah Manusia Muncul di Danau China, Fenomena Pareidolia? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebuah video menjadi viral di media sosial di mana menunjukkan seekor ikan muncul di permukaan danau di China namun memiliki wajah mirip manusia. Ikan itu benar-benar mengejutkan warga setempat..
  • Jumat, 21 Juni 2019 - 08:58:19 WIB

    Fenomena Awan Ombak Bergulung Gemparkan Warga

    Fenomena Awan Ombak Bergulung Gemparkan Warga VIRGINIA,HARIANHALUAN.COM- Banyak sekali kejadian alam berupa formasi awan yang menyerupai sesuatu. Kali ini ada fenomena awan yang membentuk ombak bergulung. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]