Gandeng UGM, PNP Siap Garap Proyek Digitalisasi BIM


Selasa, 23 Juni 2020 - 12:13:34 WIB
Gandeng UGM, PNP Siap Garap Proyek Digitalisasi BIM Ist

HARIANHALUAN.COM - Menjawab tantangan Reformasi Industri 4.0 dan merespon pandemi Covid-19, Politeknik Negeri Padang (PNP) bertekat memenuhi kebutuhan digitalisasi dengan sistem cerdas di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang meliputi transfer knowledge, pemberian masukan teknologi informasi, scanning penumpang yang hendak masuk terminal, dan pendeteksian ketinggian air di landasan pacu serta kegiatan berkait lainnya.

Direktur PNP, Surfa Yondri mengatakan, sebagai lembaga pendidikan vokasi, PNP tertantang dan berkewajiban melahirkan inovasi dan kreatifitas yang bisa dimunculkan dalam situasi pandemi. Sebagai insan akademisi, para dosennya juga dituntut berinovasi dan berkontribusi dalam situasi prihatin negara saat ini.

Sehubungan dengan itu, Surfa Yondir memberikan apresiasi yang tinggi pada pimpinan Jurusan Teknologi Informasi (TI).

"Jurusan TI punya challenge ‘tantangan’ tinggi dan potensial merebut pasar, terutama saat revolusi 4.0 dan pandemi Covid-19 dan tantangan itu harus dijawab," kata Surfa Yondri dalam Webinar Inovasi Penelitian Dosen Bidang Sistem Cerdas, kemarin.

Sementara itu, Wahyono dari Universitas Ulsan menjelaskan, sistem visi bergantung pada satu set sensor visual (komponen perangkat keras) untuk mendaftarkan peristiwa-peristiwa tertentu dan pada kecerdasan bawaan (komponen perangkat lunak) untuk menafsirkan peristiwa-peristiwa ini dan bertindak atasnya, sesuai dengan instruksi yang telah ditentukan sebelumnya (logika komputer).

Sistem visi (vision system) memiliki aplikasi luas dalam industri 4.0 karena membantu mengotomatiskan dan mempercepat tugas-tugas yang mungkin berbahaya, mahal, atau tidak cocok untuk dilakukan manusia. Dengan bantuan sistem visi, proses produksi dan inspeksi kualitas dapat dengan mudah diotomatisasi, dan dalam banyak kasus meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan memastikan keselamatan kerja.

Pemanfaatan sistem visi mencakup fasilitas/sekolah umum (aksi manusia dan analisis emosi, pemantauan akses gerbang, pengenalan wajah), pengawasan kota (penghitungan orang, deteksi ramai, analisis perilaku manusia), penegakan hukum (pengenalan wajah, pelacakan multi-kamera dan orang, lokalisasi manusia), pusat perbelanjaan/ritel penghitungan pengunjung, monitor akses gerbang, pengenalan wajah), dan perbankan/keuangan (deteksi loitering di ATM, pengenalan wajah).

Peraih World Class Research, Dikti Kemdikbud (2020) ini juga membagi isu hangat untuk penelitian yang berkenaan dengan vision system di Indonesia, yakni masalah parkir sembarangan, melewati marka jalan, batas kecepatan, penggunaan helm, melawan arus, menerobos lampu merah, melanggar aturan ganjil genap, tanpa sabuk pengaman, dan bertelepon saat berkendara.

Webinar ditutup dengan kesepakatan kedua narasumber yang mewakili lembaga Universitas Gajah Mada untuk memperkuat PNP menyelenggarakan proyek digitalisasi dengan sistem cerdas di Bandara Minangkabau. Dalam waktu dekat kesepakatan itu akan dikukuhkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU). (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]