Harus Bayar Segini, Anda Bisa Berwisata ke Antartika


Selasa, 23 Juni 2020 - 14:11:52 WIB
Harus Bayar Segini, Anda Bisa Berwisata ke Antartika Foto: Wisata luar angkasa. Ist

HARIANHALUAN.COM - Berwisata ke antariksa akan segera menjadi kenyataan. Adalah perusahaan bernama Space Perspective yang akan mengirimkan pengguna layanan berwisata ke lapisan stratosfer hingga bisa melihat bumi secara langsung.

Space Perspective berencana mengirimkan Spaceship Neptune, sebuah kendaraan berbentuk kapsul yang ditarik balon udara, pada awal tahun depan. Kendaraan ini menyasar para peneliti dan orang biasa mau membayar. Biayanya US$125.000 atau setara Rp 1,75 miliar (asumsi Rp 14.000/US$).

Spaceship Neptune akan mampu membawa 8 orang penumpang beserta dengan pilotnya. Pesawat khusus ini memiliki tempat duduk, bar, kamar mandi dan jendela besar yang memungkinkan penumpang menikmati pemandangan Bumi.

"Kami berkomitmen untuk secara mendasar mengubah cara orang memiliki akses ke ruang angkasa - baik untuk melakukan penelitian yang sangat dibutuhkan untuk memberi manfaat bagi kehidupan di Bumi dan untuk memengaruhi cara kita memandang dan terhubung dengan planet kita," ujar founder dan co-CEO Per Jane Poynter, seperti dikutip dari Space, Selasa (23/6/2020).

"Hari ini, lebih penting daripada sebelumnya untuk melihat Bumi sebagai sebuah planet, pesawat ruang angkasa untuk semua umat manusia dan biosfer global kita."

Pesawat ini akan diluncurkan dari Shuttle Landing Facility milik NASA Kennedy Space Center (KSC) di Space Coast Florida. Pesawat ruang angkasa Neptunus akan menuju ke timur di atas Samudra Atlantik dan ke barat di Teluk Meksiko.

Pesawat ruang angkasa Neptunus akan menghabiskan waktu sekitar dua jam untuk mencapai ketinggian maksimum sekitar 100.000 kaki (30.000 meter), ditarik oleh balon setinggi 650 kaki (200 m) yang diisi dengan hidrogen apung.

Kapsul akan menghabiskan sekitar dua jam terbang di stratosfer, di atas 99% atmosfer Bumi, kemudian akan menghabiskan dua jam kembali turun lagi dengan total waktu penerbangan enam jam. Kapsul Spaceship Neptune akan digunakan kembali, tetapi balon baru akan dibutuhkan untuk setiap misi. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]