Perguruan Thawalib Padang Panjang dan Kemenag Matangkan Persiapan Pesantren Sambut Ajaran Baru


Selasa, 23 Juni 2020 - 15:01:07 WIB
Perguruan Thawalib Padang Panjang dan Kemenag Matangkan Persiapan Pesantren Sambut Ajaran Baru Pertemuan Pesantren se Padang Panjang dengan Kemenag.

HARIANHALUAN.COM - Perguruan Thawalib Padang Panjang menghadiri pertemuan dengan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Padang Panjang, Selasa (23/6/2020) di kantor Kemenag untuk membahas berbagai persiapan pesantren dalam memasuki tahun ajaran baru 2020/2021.

Ketua Umum Yayasan Thawalib Padang Panjang Abrar, M.Ag yang hadir langsung dalam pertemuan dengan seluruh pondok pesantren se Kota Padang Panjang menyampaikan, pertemuan dengan Kepala Kemenag sangat penting sekali, karena terkait dengan proses belajar mengajar di pesantren.

“Alhamdulillah pertemuan di Kemenag merupakan langkah positif dalam membangun komunikasi dan pemahaman yang sama terhadap proses belajar mengajar di pesantren,” ujarnya.

Dijelaskan Abrar, menjelang tahun ajaran baru 2020/2021, para pengelola pesantren, termasuk Perguruan Thawalib perlu membangun komunikasi dengan Kementerian Agama, sehingga berbagai hal bisa diketahui informasinya secara jelas.

“Bagi Perguruan Thawalib, pertemuan yang digagas oleh Kemenag Padang Panjang adalah langkah positif dan patut kita apresiasi. Sebab, Kemenag begitu respon terhadap situasi saat ini,” katanya.

Dalam pertemuan yang langsung dipimpin oleh Kepala Kemenag Gusman Piliang dan di dampingi oleh Kasi Pondok Pesantren Editiawarman dan Kasi Madrasah Wahyu , ada tiga agenda yang dibahas dengan pimpinan pesantren se Padang Panjang.

Pembahasan pertama tentang sejauh mana kesiapan masing masing pesantren  menjelang tahun ajaran baru 2020/2021. Pembahasan kedua mengenai kurikulum pesantren dan madrasah. Sedangkan pembahasan ketiga tentang masalah perijinan pesantren.

Agenda yang disampaikan dalam pertemuan itu, erat kaitannya sejauhmana pesantren mempersiapkan diri dalam melaksanakan proses belajar mengajar dalam situasi Covid 19 saat ini dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Apa yang disampaikan oleh Kepala Kemenag merupakan hal penting bagi pengelola pesantren. Sehingga dari pertemuan tersebut, langkah persiapan pengelola pesantren menjadi lebih baik lagi dalam persiapan sebelum dimulainya sekolah,” kata Abrar.

Kesiapan Perguruan Thawalib

Menurut Abrar, dalam pertemuan di kantor Kemenag, Perguruan Thawalib menyampaikan berbagai hal yang telah dan sedang dipersiapkan. Misalnya saja untuk protokol kesehatan, telah dipersiapkan seperti penyediaan masker bagi santri, alat pengukur suhu badan, tempat mencuci tangan. Kemudian juga telah dibentuk Tim Gugus Tugas yakni para kepala sekolah sebagai penanggungjawabnya.

Langkah lain, kata Abrar yakni membuat berbagai aturan yang nantinya akan dijalankan. Seperti santri yang masuk ke asrama akan diterapkan sistim gelombang, yakni datang secara bergiliran dengan jadwal yang ditetapkan. Kemudian, membawa surat keterangan kesehatan dari kampung asal.  Aturan lainnya, wali santri tidak boleh mengantar anaknya sampai masuk ke dalam asrama, dilakukan pemeriksaan sebelum masuk asrama dan berbagai aturan selama di asrama.

Kemudian, bagi guru, guru asrama dan karyawan harus melakukan pemeriksaan kesehatan dan menyerahkan surat keterangan kesehatan kepada yayasan, memakai masker selama beraktifitas, dilakukan pemeriksaan suhu badan setiap masuk areal kampus Thawalib dan aturan lainnya.

“Kita tengah persiapan berbagai hal terkait dengan protokol kesehatan di Perguruan Thawalib. Sehingga nanti ketika sekolah dimulai, maka proses belajar mengajar dilaksanakan dengan mengacu kepada protokol kesehatan,” ujar Abrar.

Dalam pertemuan tersebut, Abrar juga menyampaikan kepada Kepala Kemenag bahwa saat ini Yayasan Thawalib telah mengangkat Buya Dr. Zulkarnaini, M.Ag sebagai Pimpinan Perguruan Thawalib.

Selanjutnya disampaikan juga bahwa untuk tahun ajaran baru nanti, para santri Perguruan Thawalib dominan belajar kitab kitab Thawalib untuk jenjang Tsanawiyah sebanyak 12 kitab dan jenjang Aliyah sebanyak 21 kitab. Disamping juga belajar mata pelajaran madrasah dan  pelajaran umum.

“Alhamdulillah tanggapan dari Kepala Kemenag dan jajaran sangat positif sekali. Insya Allah komunikasi dan silaturahmi dengan Kemenag akan terus dipelihara, sehingga proses belajar mengajar di Perguruan Thawalib berjalan sesuai dengan  visi misi yang telah ditetapkan Yayasan Thawalib,” kata Abrar. (*)

 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 24 Mei 2016 - 04:32:43 WIB
    Integritas Sekolah dan Jejak Alumni

    Berperan Penting dalam Meraih Kursi Perguruan Tinggi

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Integritas sekolah dan jejak alumni, ternyata memiliki peran penting bagi lulusan sekolah untuk dapat meraih bangku perkulihan di perguruan tinggi negeri maupun perguruan ting­gi favorit di Indonesia..
  • Rabu, 24 Februari 2016 - 01:28:26 WIB

    Murid Perguruan Kubuang Tigo Baleh Siap Hadapi O2SN

    AGAM, HALUAN — Se­ba­nyak seratus lima puluh orang murid perguruan Pen­cak Silat Pandeka Kubuang Tigo Baleh mengikuti ujian kenaikkan tingkat atau sabuk yang dilak­sanakan di Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, minggu lal.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]