190 Anak Terpapar COVID-19 di Jawa Barat, 3 Meninggal Dunia


Selasa, 23 Juni 2020 - 20:30:30 WIB
190 Anak Terpapar COVID-19 di Jawa Barat, 3 Meninggal Dunia Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Belum ada tempat aman bagi anak-anak dari paparan virus Corona, terutama di mal dan pusat perbelanjaan. Tercatat 190 anak di Jabar terpapar COVID-19, tiga di antaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Pemprov Jabar Berli Hamdani mengatakan, berdasarkan informasi, tercatat 190 anak-anak di Jabar terinfeksi virus Corona. Dari angka tersebut, tiga anak meninggal dunia akibat Corona.

"Untuk sementara bisa dianggap belum ada tempat aman untuk anak-anak. Apalagi Jabar mah masih level kuning kewaspadaannya," kata Berli kepada wartawan. 

Labkesda Uji 3.000 Sampel Per Hari, Warga Jabar Diimbau Tak Takut Tes COVID-19

Sementara itu, Pemkot Bandung tak menerapkan aturan khusus apalagi melarang anak-anak datang ke mal dan pusat perbelanjaan. Anak-anak boleh ke mal dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan ketat.

Usia anak-anak yang boleh ke mal pun tak dibatasi. Semua anak dalam rentang usia 0 hingga 18 tahun, boleh ke mal dan pusat perbelanjaan.

Diketahui, sebanyak 23 mal dan pusat perbelanjaan di Kota Bandung dibuka kembali sejak Senin 5 Juni 2020 pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional. 

Ke-23 mal tersebut disyaratkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan virus Corona atau COVID-19.

"Anak-anak diperkenankan masuk (ke mal)," kata Sekjen Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jabar Satriawan Natsir ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (22/6/2020).

Satriawan mengemukakan, seperti pengunjung lain, anak-anak diminta untuk mengenakan masker, menyiapkan hand sanitizer, dan suhu tubuh tak lebih dari 37,5 derajat Celsius.

"Fasilitas umum, seperti jumlah pengguna eskalator dan lift kami batasi. Musala dan tempat duduk juga begitu," ujar dia.

Sejak dibuka sepekan lalu, tutur Satriawan, jumlah pengunjung mal di Kota Bandung masih landai atau sepi. Jumlah pengunjung sekitar 15% dari kapastisa normal mal. "Mungkin (jumlah pengunjung) sekitar 15 persen," tutur Satriawan. (*)
 

 Sumber : sindonews.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]