Waspada DBD, IDI: DBD Bisa Perparah Kondisi Pasien COVID-19


Rabu, 24 Juni 2020 - 12:28:33 WIB
Waspada DBD, IDI: DBD Bisa Perparah Kondisi Pasien COVID-19 Humas IDI Makassar dokter Wachyudi Muchsin

HARIANHALUAN.COM - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar mengingatkan penyakit penyerta situasional seperti demam berdarah dengue (DBD) bisa memperparah kondisi pasien positif COVID-19 jika sampai terserang.

Humas IDI Makassar dokter Wachyudi Muchsin di Makassar, Selasa, mengatakan di masa pandemi COVID-19 ini, masyarakat harus bisa menjaga imunitas tubuh karena ada banyak faktor yang bisa membuat setiap warga terpapar COVID-19.

"Penyakit penyerta memperburuk perjalanan klinis COVID-19 karena imunnya lebih rendah. Apalagi jika faktor komorbid itu tidak terkontrol dengan baik," ujarnya.

Ia mengatakan pasien positif terinfeksi virus corona dapat memiliki gejala yang parah dan memberatkan jika mempunyai komorbid atau penyakit penyerta.

Dokter yang terkenal di Makassar dengan sebutan "Dokter Koboy" ini menjelaskan terdapat beberapa penyakit penyerta yang bisa menyebabkan kematian pada pasien COVID-19, seperti diabetes, hipertensi maupun penyakit lainnya seperti DBD.

"Penyakit penyerta pada COVID-19 adalah penyakit yang sudah diderita oleh seorang pasien sebelum terinfeksi virus corona," katanya.

Menurut dia, pasien demam berdarah di situasi pancaroba, seperti penyakit DBD juga dapat memperparah seorang pasien COVID-19.

"Kita harus waspadai betul konteks musim pancaroba, penyakit DBD akan sering kali jadi sangat buruk manakala disertai dengan COVID-19," kata Yudi.

Selain itu, patut diwaspadai pula sebab gejala COVID-19 dapat menyerupai penyakit DBD. Dia menuturkan gejalanya seperti trombosit pasien DBD yang rendah, pegal linu.

"Pasien demam berdarah spesifik dengan gejala trombosit rendah, pegal linu, lalu sembuh. Seminggu kemudian panas dan batuk lalu di rontgen dan dites ternyata positif COVID-19," tuturnya.

Karena itu, dirinya bersama dokter lainnya maupun pemerintah setempat mengimbau kepada masyarakat di musim peralihan hujan ke kemarau ini hendaknya menjaga imunitas, membuang air genangan, membersihkan sampah dan rutin berolahraga ringan setiap hari. (*)
 

 Sumber : Antara /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 22:15:26 WIB

    Corona Menular Lewat Udara: Pengendara Mobil Tetap Waspada, Buka Sedikit Kaca

    Corona Menular Lewat Udara: Pengendara Mobil Tetap Waspada, Buka Sedikit Kaca HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus Corona masih cukup mengkhawatirkan bahkan kini penularan dikatakan bisa melalui udara. Untuk para pengendara mobil juga diingatkan agar tetap waspada jangan merasa aman karena berada dalam kab.
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 21:30:33 WIB

    Waspada Gejala Awal Diabetes, Tangan Sering Kesemutan

    Waspada Gejala Awal Diabetes, Tangan Sering Kesemutan HARIANHALUAN.COM - Banyak penderita diabetes yang tidak merasakan gejala awal dari penyakit tersebut. Hal ini disebabkan karena gejala yang timbul sering kali ringan dan bertahap sehingga tidak mudah disadari..
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 14:16:05 WIB

    Waspada, 80 Persen Pasien Corona Usia Remaja adalah OTG

    Waspada, 80 Persen Pasien Corona Usia Remaja adalah OTG HARIANHALUAN.COM - Sebuah studi baru memperlihatkan lebih dari 80 persen orang di bawah usia 20 tahun kemungkinan tidak menunjukkan gejala tertular SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19 atau termasuk dalam kelompok Orang Tanpa .
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 06:22:00 WIB

    Waspadalah, Penyakit Asam Urat Berisiko Kematian

    Waspadalah, Penyakit Asam Urat Berisiko Kematian HARIANHALUAN.COM - Penyakit gout atau asam urat adalah penyakit kronis yang ditandai dengan nyeri sendi dan sakit apabila digerakkan. Gejala asam urat ditandai dengan adanya hiperurusemia atau peningkatan kadar asam urat dal.
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 06:38:32 WIB

    Tak Hanya Covid-19, Gugus Tugas Minta Masyarakat Waspadai Wabah DBD

    Tak Hanya Covid-19, Gugus Tugas Minta Masyarakat Waspadai Wabah DBD HARIANHALUAN.COM - Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengingatkan bahaya peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD) di masa pandemi Covid-19. Apalagi belakangan kasus demam berdar.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]