Ketua KPK Terbang Pakai Helikopter Mewah, MAKI Surati Dewas KPK


Rabu, 24 Juni 2020 - 13:40:41 WIB
Ketua KPK Terbang Pakai Helikopter Mewah, MAKI Surati Dewas KPK Firli Bahuri

HARIANHALUAN.COM  - Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) kembali mengadukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ke Dewan Pengawas KPK terkait dengan penggunaan helikopter mewah saat perjalanan dari Palembang ke Baturaja, Sumatera Selatan, Sabtu (20/6).

"Hari ini, MAKI telah menyampaikan melalui email kepada Dewan Pengawas KPK berisi aduan dugaan pelanggaran kode etik oleh Ketua KPK atas penggunaan helikopter mewah untuk perjalanan dari Palembang ke Baturaja pada hari Sabtu (20/6)," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu (24/6).

Aduan tersebut adalah yang kedua kalinya. Dalam aduan pertama, diduga Firli melanggar protokol Covid-19 karena tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak ketika bertemu puluhan anak-anak di Baturaja, Sumsel. Boyamin pun menjelaskan inti surat yang dikirim ke Dewas KPK tersebut.

"Pertama, bahwa pada hari Sabtu, 20 Juni 2020, Ketua KPK Firli Bahuri melakukan perjalanan dari Palembang ke Baturaja untuk kepentingan pribadi keluarga, antara lain ziarah kubur makam orang tuanya," katanya.

Kedua, perjalanan dari Palembang menuju Baturaja tersebut menggunakan sarana helikopter milik perusahaan swasta dengan kode PK-JTO. Atas kegiatan tersebut, kata Boyamin, diduga Firli telah melanggar kode etik.

"Pertama, Firli patut diduga menggunakan helikopter adalah bergaya hidup mewah karena mestinya perjalanan Palembang ke Baturaja hanya butuh 4 jam perjalanan darat dengan mobil," tuturnya.

Hal tersebut, kata dia, bertentangan dengan kode etik pimpinan KPK yang dilarang bergaya hidup mewah.

"Kedua, bahwa helikopter yang digunakan adalah jenis mewah (helimousine) karena pernah digunakan Tung Desem Waringin (motivator dan pakar marketing) yang disebut sebagai Helimousine President Air," ungkap Boyamin.

Ketiga, Firli juga terlihat tidak memakai masker ketika sudah duduk di dalam helikopter karena dapat membahayakan penularan kepada atau dari penumpang lain, termasuk kru dalam helikopter tersebut.

"Hal ini bertentangan dengan statement Firli yang hanya mencopot masker sejenak ketika ketemu anak-anak untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hal ini bisa diartikan Firli tidak memakai masker mulai ketemu anak-anak hingga naik helikopter," ujar Boyamin.(*)

 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 Juli 2020 - 21:50:30 WIB

    Wisata Suku Baduy Dihentikan Permanen, Kepala Desa: Belum Dimusyawarahkan dengan Para Ketua Adat

    Wisata Suku Baduy Dihentikan Permanen, Kepala Desa: Belum Dimusyawarahkan dengan Para Ketua Adat HARIANHALUAN.COM - Objek wisata Suku Baduy di Desa Kanekes, Lebak, Banten diisukan akan dihentikan secara permanen, setelah salah seorang ketua adat Baduy telah mengirim surat permintaan ini ke Presiden. .
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 15:08:20 WIB

    Wakil Ketua MPR: RUU HIP Usulan Fraksi PDIP

    Wakil Ketua MPR: RUU HIP Usulan Fraksi PDIP HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Arsul Sani, menyatakan inisiator RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) adalah Fraksi PDI Perjuangan. Hal ini disampaikan Arsul dalam diskusi Dua Sisi di tvOne denga.
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 00:01:48 WIB

    Ketua Pemuda Pancasila Tolak RUU HIP

    Ketua Pemuda Pancasila Tolak RUU HIP HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila, Japto Soelistyo Soerjosoemarno menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Japto juga meminta pecabutan RUU tersebut..
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 18:40:48 WIB

    Gegara Naik Helikopter, Dewas Akan Panggil Ketua KPK untuk Klarifikasi

    Gegara Naik Helikopter, Dewas Akan Panggil Ketua KPK untuk Klarifikasi HARIANHALUAN.COM - Dewan Pengawas (Dewas) KPK mengatakan telah menerima laporan dari Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) terkait dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Ketua KPK Firli Bahuri karena naik helikopter .
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 22:24:47 WIB

    Wakil Ketua KPK Sebut Nazaruddin adalah Whistleblower

    Wakil Ketua KPK Sebut Nazaruddin adalah Whistleblower HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengatakan, M Nazaruddin tidak pernah diberikan status justice collaborator. Namun, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu adalah sebagai .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]