Hand Sanitizer yang Mengadung Metanol Berbahaya, Ini Bedanya dengan Etanol


Rabu, 24 Juni 2020 - 15:04:39 WIB
Hand Sanitizer yang Mengadung Metanol Berbahaya, Ini Bedanya dengan Etanol Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Belum lama ini Food Drugs Administration (FDA) menemukan metanol dalam beberapa sampel merek pembersih tangan yang diproduksi oleh salah satu produsen bahan kimia yang berbasis di Meksiko. Tentunya hal ini mengejutkan masyarakat karena metanol adalah salah satu zat beracun yang berbahaya bagi kulit.

Seperti diketahui sebagian besar hand sanitizer yang aman untuk digunakan memiliki kandung etil alkohol atau biasa disebut etanol. Sebenarnya metanol dan etanol adalah varian yang masuk dalam kategori alkohol. Tapi perlu diingat, kedua cairan ini memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Melansir dari SF Gate, Rabu (24/6/2020), metanol adalah bahan kimia beracun yang diperoleh melalui proses sintetik. Sementara etanol secara komersial diproduksi oleh pabrik fermentasi tanaman pangan.

Kedua zat ini dapat digunakan sebagai sumber energi, tetapi metanol berfungsi terutama sebagai subjek penelitian dan penggunaanya sebagai bahan bakar motor di Amerika Serikat (AS) telah dilarang. Di sisi lain peran etanol saat ini lebih besar, tapi masa depannya sebagai bahan bakar kendaraan masih belum pasti.

Bahan baku terbesar untuk memproduksi etanol di AS adalah tanaman sayuran bertepung seperti jagung dan ubi jalar. Setelah panen, tanaman dikirim untuk diproses di pabrik yang di bedakan menjadi dua yakni pabrik basah dan pabrik kering. Tanaman itu akan melalui proses penggilingan, rekasi dan distilasi yang menghasilkan alkohol etanol murni.

Di sisi lain metanol lebih dikenal sebagai alkohol kayu. Metanol awalnya diproduksi oleh distilasi bahan baku kayu. Teknologi pada 1920 dan 1970-an mengubah proses produksi metanol yang hingga saat ini membutuhkan bahan baku gas alam. Gas alam diproses melalui beberapa langkah termasuk penggunaan katalis, tekanan dan panas tinggi hingga akhirnya muncul sebagai metanol cair.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]