JPU Minta Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Muzni Zakaria


Rabu, 24 Juni 2020 - 19:01:59 WIB
JPU Minta Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Muzni Zakaria Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Atas keberatan yang diajukan penasehat hukum (PH) terdakwa Muzni Zakaria, yang merupakan Bupati non aktif Solok Selatan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Tindak Pidana Korupsi bersikeras bahwa dakwaan sudah memenuhi syarat materil, berdasarkan pasal yang dilanggar.

"Dakwaan sudah telah memenuhi syarat dan disusun secara cermat, jelas dan lengkap sesuai waktu dan tempat tindak pidana dilakukan,” ujar JPU Riki B. Maghaz, Rabu (24/6/2020).

Kemudian dalam tanggapan JPU, terkait eksepsi PH terdakwa, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Kelas IA Padang, Rabu (24/6/2020) lalu, bahwa surat dakwaan telah memenuhi syarat materil, sebagaimana pada pasal 143 ayat 2 huruf b.

"Kepada mejelis hakim, diminta untuk menolak eksepsi dari terdakwa dan menyatakan surat dakwaan nomor. 38/TUT.01/04/06/2020, tanggal 02 Juni 2020 adalah sah demi hukum," harapnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Majelis Hakim Yose Rizal didampingi Zaleka dan M.Takdir, dihadapan kedua belah pihak mengundur sidang selama satu minggu dengan agenda pembacaan putusan sela.

"Sidang ditunda selama satu minggu dan dilanjutkan pada tanggal 1 Juli 2020 dengan agenda putusan sela," tutur Yose Rizal.

Diketahui sebelumnya, terdakwa diduga telah menerima suap dari pengusaha dalam proyek pembangunan Jembatan Ambayan, dan pembangunan Masjid Agung. Dalam dakwaan, terdakwa diduga menerima uang sebesar Rp125 juta dan karpet masjid senilai Rp50 juta serta uang pinjaman Rp3,2 miliar dari pengusaha terkait. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 13:04:25 WIB
    SIDANG DUGAAN GULA NON-SNI

    Dakwaan JPU Dinilai Kabur

    PADANG, HALUAN — Ter­sangka dalam kasus dugaan peredaran gula tanpa label Standar Nasional Indonesia (SNI), Mantan Direktur CV Rimbun Padi Berjaya Xa­veriandy Susanto (55) alias Tanto, menilai bahwa dakwaan yang disampaik.
  • Rabu, 24 Juni 2015 - 18:49:49 WIB

    JPU Ungkap Adanya Kuitansi Kosong

    KORUPSI SPJ FIKTIF DPRD PESSEL

    Padang, Haluan — Sidang dugaan ko­rupsi perjalanan dinas fiktif DPRD Kabu­paten Pesisir Selatan tahun 2011 dengan terdakwa Mantan Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Sel.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]