Stok Darah di Dharmasraya Tidak Mencukupi


Rabu, 24 Juni 2020 - 20:08:38 WIB
Stok Darah di Dharmasraya Tidak Mencukupi Ilustrasi

HARIANHALUAN. COM - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, jumlah ketersediaan darah di Unit Tranfusi Darah (UTS) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh, sejauh ini alami kondisi tidak sebanding dengan kebutuhan penanganan pasien di rumah sakit itu.

"Kondisi itu terpicu akibat masih minimnya masyarakat yang bersedia mendonorkan darahnya, apalagi dengan terjadinya kondisi darurat pandemi Covid-19 saat ini," ungkapnya di Dharmasraya, Rabu (24/6/2020).

Salah satunya, lanjut dia, disebabkan sikap masyarakat takut untuk mendatangi fasilitas layanan kesehatan.

Menyikapi kondisi tersebut, pada peringatan Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh setiap tahunnya setiap 24 Juni, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) setempat telah menggelar sosialisasi Quick Wins Program Pelayanan Darah dan kegiatan donor darah bagi masyarakat Dharmasraya, Selasa (23/6/2020).

Menurutnya, kegiatan yang digelar di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya itu bertujuan untuk memberi edukasi seputar donor darah dan akibat positifnya bagi kesehatan dan kemanusiaan.

"Donor darah itu menyehatkan, dan tentunya dapat membantu masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Ia berharap, melalui momentum peringatan Hari Donor Darah Sedunia ini, bisa menumbuhkan kesadaran bersama bagi segenap lapisan masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi mendonorkan darahnya.

"Setiap kecamatan dan nagari, termasuk pimpinan dan staf di setiap Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) diharapkan juga dapat segera membuat komunitas pendonor sukarela di wilayah kerja masing-masing," imbaunya.

Kemudian, lanjutnya, kepada pihak Dinas Pendidikan agar mengoptimalkan pembentukan Palang Merah Remaja di sekolah-sekolah.

Terkait upaya peningkatan layanan dalam upaya memenuhi kebutuhan stok darah di daerah itu, pihaknya telah menyediakan Mobil Donor Darah keliling sehingga pelayanan donor darah dapat dilakukan di setiap wilayah Puskesmas secara merata. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, dr. Rahmadian, mengungkapkan berdasarkan data UTD RSUD Sungai Dareh, kebutuhan darah di Kabupaten Dharmasraya perbulannya mencapai 150 hingga 200 kantong.

"Kendati masih sulit terpenuhi, namun Pemerintah Kabupaten Dharmasraya bersama PMI telah melakukan upaya-upaya untuk memenuhinya. Salah satunya dengan melakukan layanan donor darah keliling," tutupnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 Januari 2019 - 12:17:35 WIB

    Bulog Bukittinggi Stok 3.000 Ton Rastra

    Bulog Bukittinggi Stok 3.000 Ton Rastra BUKITINGGI, HARIANHALUAN.COMĀ - Perum Bulog Sub Divisi Regional Bukittinggi, menyediakan 3000 ton rastra untuk mencukupi tiga bulan penyaluran untuk 7 wilayah kerja Bulog Bukittinggi..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]