Ini 37 Daerah Zona Kuning Covid-19 yang Berubah Jadi Zona Hijau, Sumbar Juga


Rabu, 24 Juni 2020 - 20:37:13 WIB
Ini 37 Daerah Zona Kuning Covid-19 yang Berubah Jadi Zona Hijau, Sumbar Juga Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Ist

HARIANHALUAN.COM - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan, ada 37 kabupaten dan kota yang sukses mengubah statusnya dari zona kuning Covid-19 menjadi zona hijau.

Sebanyak 37 kabupaten dan kota itu tersebar di 19 provinsi. Hal itu disampaikan Wiku melalui video conference di Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip dari Kompas.com, Rabu (24/6/2020).

"Aceh ada lima daerah, Aceh Barat Daya, Pidie, Simeulue, Gayo Luwes, Bener Meriah. Di Sumatera Utara ada Toba Samosir, Labuan Batu. Kemudian di Sumatera Barat ada Kota Padang Panjang, Pariaman, dan Solok," kata Wiku.

Wiku mengatakan saat ini 60 persen daerah di Indonesia masuk dalam zona hijau dan berisiko rendah terkait penularan Covid-19. Dengan demikian mereka bisa membuka kembali sektor perekonomian di sana.

Mulanya hanya 44 persen daerah yang masuk dalam zona hijau. Lambat laun meningkat menjadi 52 persen. Kini, lanjut Wiku, daerah yang masuk ke dalam zona hijau mencapai sekitar 58,3 persen hingga 60 persen.

"Jadi relatif hampir 60 persen. Posisi Indonesia dibanding negara lain ternyata secara ekonomi dan kesehatan, kita tidak lebih buruk daripada yang lain. Bahkan kita relatif netral. Ini adalah modal kita untuk maju ke depan," kata dia.

"Ini adalah keberhasilan ASN, pimpinan daerah mengamankan masyarakat dan bisa menekan kasus-kasus baru dan tidak ada yang meninggal di sini," lanjut Wiku.

Berikut 37 kabupaten dan kota yang sebelumnya berstatus zona kuning dan kini masuk ke dalam zona hijau.

Aceh: Aceh Barat Daya, Pidie, Simeulue, Gayo Luwes, Bener Meriah

Sumatera Utara: Toba Samosir dan Labuan Batu

Sumatera Barat: Kota Padang Panjang, Pariaman, dan Solok

Riau: Indragiri Hulu, Pelalawan, Rokan Hulu, Siak, Kota Dumai, dan Kampar

Jambi: Bungo Tebo

Bengkulu: Mukomuko dan Seluma

Kepulauan Riau: Karimun

Lampung: Tulang Bawang, Pringsewu, dan Tulang Bawang Barat

Jawa Tengah: Wonogiri dan Pekalongan

DKI Jakarta: Kepulauan Seribu

Nusa Tenggar Barat: Kota Bima

Sulawesi Tenggara: Muna Barat

Sulawesi Tengah: Banggai Kepulauan

Sulawesi Selatan: Kota Palopo

Sulawesi Barat: Mamuju Utara dan Majene

Maluku: Pulau Talibu

Maluku Utara: Buru Selatan

Papua: Mamberamo Tengah

Papua Barat: Teluk Wandama dan Manokwari Selatan. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 21:18:11 WIB

    Hasil Survei, Ini Dia 10 Menteri yang Bakal Diganti Presiden Jokowi

    Hasil Survei, Ini Dia 10 Menteri yang Bakal Diganti Presiden Jokowi HARIANHALUAN.COM - Indonesia Political Opinion (IPO) melakukan survei terkait menteri dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju yang diharapkan masuk bursa reshuffle (perombakan) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) Hasilnya, nama M.
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 17:05:01 WIB

    Mardani Ali Sera: Kalau Seminggu Ini Enggak Ada Kabar Reshuffle, Omdo

    Mardani Ali Sera: Kalau Seminggu Ini Enggak Ada Kabar Reshuffle, Omdo HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah atas kerja para menteri yang dinilai tidak becus dalam menangani pandemi Virus Corona atau Covid-19. Kemarahan Jokowi terlihat saat memimpin rapat terbatas 18 Juni lalu, .
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 06:53:56 WIB

    Waspada, Begini Modus Baru Penculikan Anak

    Waspada, Begini Modus Baru Penculikan Anak HARIANHALUAN.COM – Delapan anak diduga menjadi korban penculikan oleh seorang pria tak dikenal, saat bermain di area Pasar Agung, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Beruntung, seluruh korban akhirnya berhasil diselam.
  • Jumat, 03 Juli 2020 - 13:38:01 WIB

    Erick Thohir Ungkap Biang Kerok Korupsi di BUMN, Ini Faktanya

    Erick Thohir Ungkap Biang Kerok Korupsi di BUMN, Ini Faktanya HARIANHALUAN.COM - Korupsi di BUMN ternyata marak. Menteri BUMN Erick Thohir pun buka suara membeberkan fakta-fakta seputar korupsi di perusahaan pelat merah. Apa saja? Pertama, BUMN menjalan peran ganda antara kegiatan ekono.
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 22:11:31 WIB

    Mendagri Tito Kaget saat Berkunjung ke Medan, Ternyata Lihat Ini

    Mendagri Tito Kaget saat Berkunjung ke Medan, Ternyata Lihat Ini HARIANHALUAN.COM - Mendagri Tito Karnavian mengaku kaget melihat aktivitas warga Kota Medan yang ramai di tengah pandemi Corona. Tito mengaku sempat bertanya ke Gubsu Edy Rahmayadi apakah Medan sudah menerapkan new normal..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]