AS Latihan Perang Bersama Jepang, Ada Apa?


Rabu, 24 Juni 2020 - 21:18:43 WIB
AS Latihan Perang Bersama Jepang, Ada Apa? Perairan laut china selatan AP/Rick Cruz.

HARIANHALUAN.COM - Kapal militer Amerika Serikat (AS) USS Gabrielle Giffords dan kapal Pasukan Pertahanan Maritim Jepang (JMSDF), JS Kashima dan JS Shimayuki, melakukan latihan bilateral bersama di Laut China Selatan, Selasa (23/6/2020).

Menurut laporan United States Pacific Fleet, kapal Gabrielle Giffords, Kashima dan Shimayuki bertemu di laut untuk berlatih dan meningkatkan interoperabilitas bilateral antara kedua angkatan laut dan untuk menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi saat beroperasi bersama.

Sebelumnya pada bulan April, Gabrielle Giffords telah berlayar dengan kapal perusak JMSDF kelas Akizuki JS Teruzuki (DD 116) di Laut Andaman.

Menurut Laksamana Muda Fred Kacher, komandan Expeditionary Strike Group (ESG) 7 latihan bilateral dilakukan untuk menggarisbawahi pentingnya untuk secara efektif memelihara Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Kesempatan untuk beroperasi dengan teman-teman dan sekutu kita di laut sangat penting bagi kesiapan dan kemitraan kita bersama," kata Kacher, dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (24/6/2020).

"Melaksanakan keterampilan maritim yang kompleks dengan sekutu Pasukan Pertahanan Maritim Jepang kami memungkinkan kedua tim kami membangun interoperabilitas dan kesiapan kami saat kami mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka."

Beberapa kegiatan yang dilakukan kapal kedua negara termasuk latihan komunikasi bilateral, taktik divisi untuk berlatih manuver presisi, dan latihan foto, jelasnya. Semua kegiatan itu dirancang untuk meningkatkan interoperabilitas antara kedua angkatan laut dan memungkinkan kapal untuk berlatih berkomunikasi dan koordinasi sambil beroperasi dalam jarak yang dekat satu sama lain.

"Latihan ini sangat berharga karena kami beroperasi dengan peserta JMSDF; mereka adalah profesional kelautan masa depan yang pada akhirnya akan dioperasikan oleh para Pelaut kami untuk tahun-tahun mendatang," kata Commander Dustin T. Lonero, komandan Gabrielle Giffords Blue Crew.

"Setiap peristiwa menjadi lebih mudah, sambil meningkatkan kompleksitas, menunjukkan bahwa kedua angkatan laut kita mengasah praktik maritim kita dengan para profesional yang berpikiran sama di laut lepas". (*)

 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]