Sempat Dirawat di RS, Juni Penderita Tumor di Padang Pariaman Meninggal


Rabu, 24 Juni 2020 - 21:59:40 WIB
Sempat Dirawat di RS, Juni Penderita Tumor di Padang Pariaman Meninggal Juni Arita (36) Warga Korong Puah Manih, Nagari Koto Dalam Selatan, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, penderita Gastro Intestinal Stromal Tumor (GIST).

HARIANHALUAN.COM - Juni Arita (36) Warga Korong Puah Manih, Nagari Koto Dalam Selatan, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, penderita Gastro Intestinal Stromal Tumor (GIST) meninggal dunia di RSUP M Djamil Padang.

Almarhumah menghembuskan nafas terahir Selasa 23 Juni 2020 pukul 15.30 WIB, setelah mendapatkan perawatan lebih dari satu bulan di RSUP M. Djamil Padang. Jenazah Juni dibawa ke Korong Pauh Manih, Nagari Koto Dalam Selatan, Kecamatan Padang Sago untuk dikebumikan 24 Juni 2020, selesai dikebumikan kira 11.30 WIB.

"Setelah meninggal di Rumah Sakit kemarin, dan tadi pagi jenayahnya langsung dikebukan di Pauh Manis," kata Wali Nagari Koto Dalam Selatan, Masywarah di Padang Sago, Rabu (24/6).

Dimana awalnya almarhumah Juni ini sempat terkendala masalah biaya pengobatan, setelah diketahui oleh masyarakat dan pihak Nagari Koto Dalam Selatan akhirnya Juni bisa mendapatkan pengobatan dengan hasil donasi dari masyarakat yang telah membantu.

"Juni awalnya di bawa ke RSUD Padang Pariaman, setelah itu dirujuk ke RSUP M. Djamil Padang," kata Masywarah.

Dimana, donasi yang dikumpulkan oleh masyarakat untuk membantu almarhumah mencapai Rp30.050.000. Donasi itu datang dari masyarkat baik yang dikampung ataupun yang berada diperantauan.

Dana itu diserahkan bertahap kepada keluarga Juni, pertama diserahkan tanggal 18 Mei 2020 telah diserahkan kepada ybs sebesar Rp10.000.000, untuk pembayaran BPJS dan biaya pengobatan.

"Setelah itu diserahkan lagi Rp3 juta untuk tambahan biaya pengobatan," katanya.

Sementara, sisa uang Rp17.050.000 diserahkan oleh pihak nagari Koto Dalam Selatan dan tokoh mayarakat pada tanggal 22 Juni kemarin. Namun, tuhan berkehendak lain, sehingga almarhum meninggal dunia.

"Atas bantuan yang disalurkan itu keluarga yang mewakili Juni Arita mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua penyumbang semoga selalu diberikan kesehatan dan rezeki," katanya.

Berita sebelumnya, Juni Arita hanya bisa terbaring ditempat tidur di rumah orangtuanya di Korong Puah Manih, Nagari Koto Dalam Selatan, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman.

Ibu satu anak ini pada 2016 lalu diaknosa menderita GIST yaitu tumor yang berada dibagian pencernaan. kondisinya kian parah, dengan badan semakin kurus dan perut yang sangat besar, sehingga ia tidak bisa bergerak sendiri.

Sehingga untuk melakukan segala sesuatu Juni harus dibatu oleh sang suami Dahnil Aprianto (41), mulai dari makan hingga lebutuhan lainya serta mengurus putri sematawanyang baru beranjak tiga tahun.

Kondisi semakin besar ini terjadi saat bali berobat dari Jakarta, dimana setelah dilakukan pengobatan tetapi belum membuahkan hasil, dan saat ini hanya bisa dilakukan pengobatan dengan tradisional dan hermal di daerah itu. Obat alternatif menjadi jalan satu-satunya yang bisa dilakukan oleh Juni, karena semenjak ia sakit sampai saat ini suaminya tidak bisa bekerja sehingga tidak memiliki biaya yang cukup.

Sehingga untuk berobat ke Rumah Sakit saat ini terkendala karena biaya. Ia dan keluarga memang terdaftas sebagai peserta BPJS Kesehatan, tetapi semenjak Desember 2017 lalu tidak lagi dibaya, dengan alasan tidak ada biaya. (*)

Reporter : Yuhendra /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]