Ini Kategori Visa Pekerja yang Diblokir AS


Rabu, 24 Juni 2020 - 23:06:20 WIB
Ini Kategori Visa Pekerja yang Diblokir AS Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Ist

HARIANHALUAN.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk sementara waktu menangguhkan masuknya pekerja asing ke Amerika Serikat, meskipun ada tentangan keras dari kelompok bisnis, termasuk perusahaan teknologi besar.

Larangan yang bertujuan untuk membuat pekerjaan tersedia bagi orang Amerika, mulai berlaku pada Rabu (24/6) dan berlangsung hingga akhir 2020.

Kategori visa yang diblokir?

- Visa H-1B untuk pekerja terampil, yang sering digunakan oleh industri teknologi

- Visa L untuk eksekutif, manajer dan pekerja khusus yang ditransfer dalam suatu perusahaan

- Visa H-2B untuk pekerja musiman, banyak di antaranya dalam bisnis lansekap

- Visa untuk pertukaran budaya, termasuk pekerja magang, trainee, guru, camp counselors, au pairs dan orang yang berpartisipasi dalam program perjalanan kerja musim panas

Apakah penangguhan ini juga berlaku untuk orang yang telah memiliki visa?

Pekerja asing yang sudah berada di Amerika Serikat dengan visa yang valid tidak akan terpengaruh. Orang-orang di luar Amerika Serikat dengan visa dan dokumen perjalanan yang valid juga akan dibebaskan dari penangguhan.

Seorang juru bicara Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS mengatakan aturan itu tidak akan mencegah pemegang visa di Amerika Serikat untuk memperpanjang durasi visa atau mengubah ke jenis visa yang berbeda.

Apakah ada pengecualian lainnya?

Pernyataan ini mengecualikan pasangan dan anak-anak warga negara AS.

Orang asing yang bekerja di industri pasokan makanan akan dibebaskan.

Aturan ini juga mengecualikan masuknya pekerja asing yang pengakuannya dianggap “untuk kepentingan nasional.”

Penangguhan visa mempersempit pengecualian bagi pekerja medis yang dibuat oleh Trump pada bulan April untuk memasukkan hanya orang yang bekerja pada penelitian ke dalam virus corona dan mereka yang terlibat dalam perawatan kesehatan untuk pasien COVID-19.

Negara-negara mana yang akan paling terpengaruh?

Sebagian besar visa H-1B, salah satu dari kategori yang paling terkenal yang terkena dampak, banyak diberikan kepada orang-orang dari India dan China.

Orang India merupakan 72% dari sekitar 388.000 pemegang visa H-1B yang disetujui pada tahun fiskal 2019, yang dimulai pada 1 Oktober 2018, menurut data Kewarganegaraan dan Layanan Imigrasi AS. Sementara pelamar dari China sebesar 13% dari total.

Visa kerja yang tidak dicakup?

Kategori visa kerja sementara yang paling terkenal adalah visa H-2A untuk pekerja pertanian. Aturan ini tidak memengaruhi sejumlah kategori visa kerja non-imigran yang lebih kecil, termasuk visa O untuk orang-orang yang "memiliki kemampuan atau prestasi luar biasa." (*)

 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 12:52:25 WIB

    Ini Sederet Kontroversi China yang Dinilai Tak Jujur soal Corona

    Ini Sederet Kontroversi China yang Dinilai Tak Jujur soal Corona HARIANHALUAN.COM - Tuduhan China tidak jujur soal penyebaran virus corona (Covid-19) yang kini telah menginfeksi lebih dari 13,2 juta orang di dunia lagi-lagi muncul ke publik..
  • Senin, 13 Juli 2020 - 06:35:05 WIB

    Bukan Covid-19, Ini Hal yang Menyebabkan Angka Kematian Lebih Tinggi

    Bukan Covid-19, Ini Hal yang Menyebabkan Angka Kematian Lebih Tinggi HARIANHALUAN.COM - Lembaga nirlaba yang fokus menyoroti kemiskinan dunia, Oxfam memperingatkan potensi kematian akibat  kelaparan saat pandemi Covid-19 diperkirakan mencapai 12 ribu per hari di akhir 2020. Dalam laporan yang.
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 20:33:43 WIB

    Miris, Ini Fakta Baru Covid-19 yang Diungkap Bill Gates

    Miris, Ini Fakta Baru Covid-19 yang Diungkap Bill Gates HARIANHALUAN.COM - Miliarder dan juga filantropis Bill Gates membeberkan fakta baru soal Covid-19. Ia menyayangkan obat-obatan Covid-19 dan vaksin yang kini masih dibuat tengah diborong oleh sejumlah "kekuatan" tertentu. Ia m.
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 12:42:09 WIB

    Setelah 35 Tahun Menyembah Api, Pria Ini Menjadi Mualaf

    Setelah 35 Tahun Menyembah Api, Pria Ini Menjadi Mualaf HARIANHALUAN.COM - Pada zaman Malik bin Dinar ada dua orang bersaudara yang beragama Majusi. Kakaknya telah menyembah api selama 73 tahun, sedangkan adiknya telah menyembah api selama 35 tahun. Lalu adiknya berkata kepada kak.
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 07:38:09 WIB

    Internasional Kecam Hagia Sophia Jadi Masjid, Begini Respons Erdogan

    Internasional Kecam Hagia Sophia Jadi Masjid, Begini Respons Erdogan HARIANHALUAN.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menolak kecaman internasional terkait keputusannya menjadikan Hagia Sophia menjadi masjid. Menurut  Erdogan keputusannya tersebut merupakan bagian dari kedaulatan Turki..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]