Faldo Maldini Maju Pilgub Sumbar 2020, Pengamat: Jangan hanya Politik Musiman


Kamis, 25 Juni 2020 - 14:17:43 WIB
Faldo Maldini Maju Pilgub Sumbar 2020, Pengamat: Jangan hanya Politik Musiman Pengamat politik, Aidinil Zetra

HARIANHALUAN.COM - Politisi muda asal Sumatra Barat, Faldo Maldini dikabarkan akan ikut dalam Pilgub Sumbar tahun 2020 ini. Pria yang akrab disapa Faldo tersebut lahir di Padang pada tanggal 9 Juli 1990. Selain menjadi politisi muda, semasa kuliah di Universitas Indonesia dia juga aktif di berbagai bidang organisasi kampus. Bahkan, dia juga sempat menjabat menjadi Ketua BEM UI. 

Di politik, karir Faldo pun terbilang hanya melalui jalan yang mulus. Mulai dari membantu Zulkifli Hasan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 hingga berlabuh ke PSI (Partai Solidaritas Indonesia) sebagai Ketua DPW PSI Sumatera Barat. Pada Pilkada tahun ini, politisi muda tersebut akan bertarung di ajang Pilgub Sumbar tahun 2020 berpasangan dengan Febby Dt Bangso.

Tahun lalu, Faldo sempat terhalang umur yang belum cukup 30 tahun dalam pemilihan Gubernur tersebut. Namun, karena terjadinya pandemi Covid-19, pelaksanaan Pilkada tahun 2020 diundur. Sehingga, umurnya 30 tahun dan dapat ikut bertarung di Pilgub Sumbar mendatang. Namun, majunya Faldo dianggap masih terlalu dini.

Pengamat politik di Sumbar, Aidinil Zetra saat dihubungi harianhaluan.com, Kamis (25/6/2020) berpendapat mengenai peluang terpilihnya Faldo harus didahului dengan dukungan dari partai lain untuk menggenapkan jumlah kursi. "Perlu dipastikan oleh Faldo Maldini dan Febby Dt Bangso terlebih dahulu dukungan dari partai lain untuk menggenapkan jumlah kursi menjadi 13 kursi," katanya.

Menurutnya, bukan tidak mungkin Faldo dan Febby Dt Bangso berhasil mendapatkan dukungan ini walaupun berat karena pasangan tersebut baru muncul. Sementara, para calon lain sudah memulai jauh hari untuk mendaftar dan mendekatkan diri ke partai. 

"Saya kira Faldo Maldini dan Febby Dt Bangso menyadari perjuangan berat ini. Disinilah keterampilan dan manajemen politik kedua tokoh muda ini diuji. Apakah mereka mampu menggunakan waktu yang sangat terbatas ini untuk meyakinkan para pimpinan partai selain PKB yang sudah punya tiga kursi untuk memberikan dukungan politiknya," jelasnya. 

Aidinil mengatakan, tak ada pilihan lain bagi paslon tersebut untuk berusaha lebih keras lagi untuk memperkenalkan diri dan meyakinkan masyarakat bahwa koalisi mereka bukan politisi musiman. Tak hanya itu, untuk langkah yang harus dilakukan Faldo dan Febby Dt Bangso agar dapat memenangkan pemilihan tersebut adalah dapat meyakinkan anak muda Sumbar bahwa mereka adalah pemimpin muda yang dapat diandalkan.

"Ini semua tentu perlu perjuangan berat bagi Faldo untuk mendapatkan dukungan masyarakat dan tidak cukup hanya didasarkan kepada niat baik saja. Dukungan partai tentu akan relatif mudah mereka dapatkan kalau sudah dikenal luas, dapat diterima dan punya peluang keterpilihan yang bisa menyaingi calon-calon lain yang telah lebih dulu memasuki arena politik dan telah banyak bermanuver, apa lagi pada masa krisis Covid-19 ini," tutupnya. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 11:43:53 WIB

    Didukung Riza Falepi, Faldo: Orang-Orang Diam Makin Bermunculan

    Didukung Riza Falepi, Faldo: Orang-Orang Diam Makin Bermunculan HARIANHALUAN.COM - Bakal calon Gubernur Sumatra Barat, Faldo Maldini yang akan berpasangan dengan Febby Datuak Bangso (FDB), berterimakasih kepada Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Mantan Juru Bicara Prabowo Subianto-Sandiaga .
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 18:12:06 WIB

    Legowo Soal Pilgub Sumbar, Riza Falepi Titip Harapan Buat Faldo-FDB

    Legowo Soal Pilgub Sumbar, Riza Falepi Titip Harapan Buat Faldo-FDB HARIANHALUAN.COM - Bakal calon Gubernur Sumatra Barat, Febby Datuak Bangso bertemu dengan Walikota Payakumbuh Reza Palevi. Pada pertemuan tersebut, Reza memberikan dukungan kepada bakal pasangan Faldo Maldini-FDB..
  • Senin, 06 Juli 2020 - 16:48:44 WIB

    Maju Pilgub Sumbar 2020, Faldo Maldini Masuk Politik Karena Sakit Hati

    Maju Pilgub Sumbar 2020, Faldo Maldini Masuk Politik Karena Sakit Hati HARIANHALUAN.COM - Faldo Maldini seorang tokoh muda yang sudah dideklarasikan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai bakal calon gubernur Sumatera Barat. Anak muda kelahiran Padang ini sudah begitu dikenal elit nasional.
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 18:09:25 WIB

    Faldo Maldini - FDB Punya Visi Besar Buat Seniman Sumatera Barat

    Faldo Maldini - FDB Punya Visi Besar Buat Seniman Sumatera Barat HARIANHALUAN.COM - Bakal calon Wakil Gubernur Sumatra Barat, Febby Datuak Bangso (FDB) yang akan berpasangan dengan Faldo Maldini, mengatakan seniman Sumatra Barat adalah kunci pembangunan. Dia mengatakan pemerintah butuh sen.
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 12:08:55 WIB

    Puluhan Ribu Orang Tonton Saluang Bersama Faldo-FDB

    Puluhan Ribu Orang Tonton Saluang Bersama Faldo-FDB HARIANHALUAN.COM - Pasangan bakal kandidat Pemilihan Gubernur Sumatra Barat, Faldo Maldini dan Febby Datuak Bangso, mengadakan acara "Saluang Silaturahim Dan Bagurau" di Hotel Rocky Bukittinggi, malam tadi. Tidak disangka, ac.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]