Instruksi dari PAN, Ali Mukhni Didaulat Rebut Kursi Nomor Satu Sumbar


Kamis, 25 Juni 2020 - 15:46:07 WIB
Instruksi dari PAN, Ali Mukhni Didaulat Rebut Kursi Nomor Satu Sumbar Ali Mukhni

HARIANHALUAN.COM - Bupati dua periode Kabupaten Padang Pariaman, Ali Mukhni merupakan satu dari sekian calon yang akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2020. Sebelumnya, Ali Mukhni menjabat sebagai Bupati Padang Pariaman dari tahun 2010 hingga sekarang serta Ketua DPW PAN Sumatra Barat.

Ali Mukhni merupakan Bupati ke-19 di Padang Pariaman yang berpasangan dengan Suhatri Bur. Ali Mukhli lahir di Kampung Pauh, Padang Pariaman 19 September 1956 dari Partai Politik Partai Amanat Nasional (PAN) ini mempunyai istri bernama Rena Sofia dan tiga anak laki-laki yakni Muhammad Ikhbal, Muhammad Ikhsan dan Muhammad Fadhil.

Pada Pemilu 2019, Ali Mukhni menempatkan anaknya, Muhammad Ikhbal sebagai caleg nomor urut satu PAN di Dapil Padang Pariaman dan Pariaman. Muhammad Ikhbal terpilih sebagai anggota DPRD Sumbar menyingkirkan caleg petahana dari PAN, yakni Darmon. Selain itu, dia juga mempersiapkan paslon yang akan melenggang merebut kursi nomor satu di Sumbar. 

Saat ini, partai PAN rutin melaksanakan rapat di partai terkait pelaksaan Pilkada, baik pilgub maupun kepala daerah. "Nanti akan kita lihat orang-orang yang berpotensi kemudian dilakukan survei," kata Ali Mukhni, Kamis (25/6/2020).

Dengan begitu, semua elemen yang terlibat akan dapat mencari calon yang berkualitas untuk calon pemimpin. Diakuinya, pemilih sekarang jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, masyarakat cenderung melihat dari riwayat perjalanan politik dari paslon. "Selain itu, koalisi dari partai politiknya sangat menentukan paslon yang akan dipilih," katanya.

Ali Mukhni membeberkan dari PAN sendiri sudah memberikan kode bahwa akan mengusulkan dirinya untuk merebut kursi nomor satu di Sumbar. Namun, hingga sekarang belum ada arahan dirinya akan berpasangan dengan siapa nantinya. Dari informasi yang beredar, Ali Mukhni sendiri digadang akan berpasangan dengan anggota DPR RI, Mulyadi. 

"Kita melihat perjalanan dan kontribusi bapak Mulyadi di Padang Pariaman dari segi pembangunan GOR dan Politeknik, semoga nanti ada keputusan," katanya.

Hingga saat ini, satu-satunya partai yang telah menetapkan paslon Cagub dan Cawagub adalah Partai Gerindra dengan mengusung Wagub petahana Nasrul Abit sebagai calon Gubernur dan Bupati Agam Indra Catri sebagai wakilnya. "Sampai saat ini baru Gerindra yang menetapkan paslon tanpa jalur koalisi. Semoga kita bisa juga secepatnya," tutup Ali Mukhni. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]